IIMS 2022 Hadirkan Tiga Skenario Untuk Antisipasi Kasus Lonjakan Omicron

Tuesday, 18 January 22 Bonita Ningsih

Pemerintah Indonesia telah memprediksi puncak kenaikan kasus omicron akan terjadi pada bulan Februari 2022. Lalu, bagaimana nasib penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) yang akan digelar pada 17-27 Februari 2022 mendatang?

Menanggapi hal tersebut, Dyandra Promosindo selaku penyelenggara acara sudah memiliki beberapa rencana agar perhelatan IIMS 2022 dapat tetap terlaksana. Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh, menjelaskan telah menyiapkan tiga skenario yang berkaitan dengan jadwal penyelenggaraan IIMS 2022.

Pada skenario pertama, IIMS akan berjalan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan yaitu pada bulan Februari 2022. Kemudian, skenario kedua di bulan Maret dan yang ketiga di April 2022. Ketiga skenario tersebut atas persetujuan dari pihak venue acara yaitu JIExpo Kemayoran, Jakarta. 

“Kalau dari kami, maunya tetap digelar bulan Februari. Tetapi, kalau menurut pemerintah dan Kementerian Kesehatan kasus omicron semakin berbahaya, mau tidak mau ya kita harus mundur sesuai dengan jadwal yang kita punya,” ungkap Kohen begitu sapaan akrab Hendra.

BACA JUGA:   Agrinex Expo 2017 Hadir untuk Memberikan Inspirasi

Meskipun memiliki tiga skenario penjadwalan, Kohen, akan memastikan pelaksanaan IIMS 2022 digelar dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. Menurutnya, protokol kesehatan menjadi masalah utama yang harus diperhatikan ketika pihaknya menyelenggarakan sebuah acara.

“Kami telah menentukan tim satgas yang bertugas untuk memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik di lapangan. Mereka juga akan berkeliling mengingatkan para pengunjung untuk selalu menjaga prokes seperti menggunakan masker selama di area pameran,” kata Kohen.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan menurunkan 250 orang volunteer yang bertugas untuk membantu tim satgas pengendalian Covid-19 dalam menjalankan tugasnya. Menurutnya, relawan tersebut berasal dari para mahasiswa yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.

BACA JUGA:   Inacraft 2017 Hadirkan Keindahan Yogyakarta

Rudi MF, Project Manager IIMS, menambahkan bahwa salah satu bentuk penerapan protokol kesehatan dalam IIMS 2022 adalah mengusung konsep paperless. Menurutnya, tiket masuk IIMS 2022 tidak akan berbentuk fisik lagi karena pihaknya telah bekerja sama dengan Tokopedia sebagai Official E-commerce and Ticketing Partner.

“Harga tiket yang kita tawarkan juga masih sama yaitu Rp50ribu untuk weekdays serta Rp70ribu untuk weekend. Tiket ini sudah kita pertahankan selama tiga tahun belakang, dari tahun 2018 tidak pernah naik sampai hari ini,” ujar Rudi.

Menurutnya, penetapan harga tiket ini dilakukan untuk memudahkan para pengunjung dan juga peserta pameran saat menghadiri IIMS 2022. Selain itu, Rudy, juga berharap agar pameran otomotif ini dapat dikunjungi oleh banyak orang dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan secara ketat.

BACA JUGA:   Penyelenggaraan Konser Musik Belum Mendapat Lampu Hijau

“Harapannya semua exhibitor tidak memberatkan, dan juga pamerannya ramai, semuanya juga happy,” ucap Rudy lagi.

Pameran IIMS 2022 akan dibuka untuk masyarakat umum pada 18 Februari 2022 mulai pukul 11.00-20.00 WIB untuk weekday. Sementara, weekend akan dibuka mulai pukul 10.00-21.00 WIB.

“Kalau nanti situasi sudah semakin kondusif dan ada aturan yang dapat diubah, mungkin acara ini dapat digelar lebih malam lagi,” dia menambahkan.