Indonesia International Welding Forum 2018 Tunjukkan Potensi Pengelas Indonesia

Thursday, 08 March 18   36 Views   0 Comments   Harry Purnama
Indonesia International Welding Forum 2018

Indonesia kembali mendapatkan kepercayaan dari publik internasional dengan terpilih menjadi tuan rumah The 71st IIW Annual Assembly & International Conference 2018. Kegiatan ini merupakan program tahunan International Institute of Welding (IIW) yang mempertemukan para pelaku industri pengelasan di seluruh dunia. IIW Annual Assembly & International Conference 2018 akan dilaksanakan pada 15-20 Juli 2018 di Bali Nusa Dua Convention Center. Tema yang diangkat pada IIW Annual Assembly & International Conference kali ini adalah “Advanced Welding and Smart Fabrication Technologies for Efficient Manufacturing Processes”.

Terpilihnya Indonesia juga menjadi pengakuan atas kemampuan para pelaku industri pengelasan Indonesia di mata dunia. “Ini merupakan kesempatan yang baik untuk memperkenalkan kemampuan para pengelas Indonesia ke mata dunia sekaligus menunjukkan perkembangan industri pengelasan kita ke publik internasional. Para pengelas Indonesia sejak lama telah dikenal sebagai salah satu yang terbaik, atau bahkan yang terbaik, di dunia,” ujar Achdiat Atmawinata, Presiden Asosiasi Pengelasan Indonesia (API).

Lebih lanjut Achdiat mengatakan, dipilihnya Bali sebagai tempat acara menunjukkan kepercayaan publik internasional atas keamanan kondisi di Bali di tengah kekhawatiran akan erupsi Gunung Agung. Ia menyatakan pihak panitia terus berkoordinasi dengan badan-badan terkait untuk memastikan kelancaran acara dan kenyamanan para delegasi peserta IIW Annual Assembly & International Conference 2018. Pihak panitia juga telah menyiapkan contingency plan yang cukup komprehensif.

IIW Annual Assembly & International Conference 2018 akan menghadirkan berbagai pembicara dari seluruh dunia untuk membahas teknologi dan tren terkini di bidang pengelasan. Selain Annual Assembly, IIW 2018 juga akan menggelar konferensi internasional sebagai forum untuk menjalin jejaring dan saling bertukar pengetahuan antar-para pelaku industri pengelasan.

Menurut Achdiat, peluang kerja di bidang pengelasan masih sangat terbuka lebar. Masih banyak perusahaan dalam dan luar negeri yang mencari ahli pengelasan berkualitas. Di Indonesia sendiri sektor industri diperkirakan membutuhkan 5.000 tenaga pengelas setiap tahunnya. Upaya menambah jumlah dan kualitas tenaga kerja pengelasan di Indonesia terus dilakukan oleh pemerintah serta organisasi terkait.

Penyelenggaraan IIW Annual Assembly & International Conference 2018 di Indonesia tidak lepas dari usaha para profesional pengelasan untuk menampilkan industri pengelasan Indonesia ke dunia internasional. “Kita memiliki SDM dan teknologi yang cukup baik di bidang pengelasan dan ini perlu kita tunjukkan ke dunia internasional. Hal ini akan menjadi nilai tambah bagi para profesional pengelasan Indonesia di mata dunia,” ujar Edi Diarman Djasman, Executive Director Indonesia Welding Society/Chairman IIW 2018.

IIW Annual Assembly & International Conference 2018 akan dihadiri oleh 59 negara anggota IIW dengan peserta dari dalam dan luar negeri lebih kurang 1000 orang. Untuk memudahkan peserta, panitia menyatakan calon peserta sudah bisa melakukan registrasi untuk mengikuti kegiatan ini melalui website https://iiw2018.com/registration/.