Indonesia Wedding Business Summit 2020, Forum B2B Pernikahan Pertama di Indonesia

Wednesday, 12 February 20 Herry Drajat
Indonesia Wedding Business Summit

Industri hospitality saat ini telah menjadi sektor yang menjanjikan pertumbuhan bagi perekonomian Indonesia. Begitu juga dengan bisnis pernikahan yang termasuk dalam industri hospitality. Bisnis pernikahan melibatkan banyak sektor, antara lain wedding organizer, penyedia venue, katering, kerajinan, dan lain sebagainya.

Untuk mengakselerasi pengembangan industri ini, HASTANA (Himpunan Perusahaan Penata Acara Pernikahan) Indonesia sebagai wadah resmi berbadan hukum pertama di Indonesia yang menaungi perusahaan penata acara pernikahan (wedding organizer) bekerja sama dengan Indonesia Professional Organizer Society (IPOS) menggagas forum B2B bertajuk The 1st Indonesia Wedding Business Summit 2020.

Harry D. Nugraha, Ketua IPOS, mengatakan, nilai bisnis industri pernikahan yang tercatat pada tahun 2017 adalah sebesar US$7 miliar per tahun. Untuk itu, Indonesia Wedding Business Summit 2020 bertujuan untuk lebih menggairahkan lagi industri pernikahan di Indonesia.

Acara yang melibatkan lebih dari 200 orang peserta delegasi dari perusahaan wedding organizer, wedding planners, suppliers dan industri perhotelan terkemuka di Indonesia ini diadakan di Grand Mutiara Ballroom, Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan Jakarta, pada tanggal 11-12 Februari 2020.

Penyelenggaraan Indonesia Wedding Business Summit 2020 ini didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, APPGINDO (Asosiasi Pengusaha Gaun dan Perlengkapan Pernikahan Indonesia), PPJI (Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia), ASPEDI (Asosiasi Pengusaha Dekorasi Indonesia), HIPDI (Himpunan Pengusaha Dokumentasi Indonesia), dan Harpi Melati (Himpunan Ahli Tata Rias Pengantin Indonesia). 

Indonesia Wedding Business Summit 2020 menghadirkan beberapa rangkaian acara, di antaranya  business talk yang dipandu oleh Hastana yang akan mengangkat tema “Industri Pernikahan Indonesia: Tren & Inovasi 2020”, lalu ada juga B2B table top forum dan networking gala dinner.

“Pada acara B2B table top forum, buyers yang datang 56 perusahaan dan 112 delegasi yang terdiri dari 75% anggota Hastana, sisanya non-anggota. Sementara untuk sellers yang hadir sebanyak 42 perusahaan, 82 delegasi yang terdiri dari industri hotel, resor, wedding, katering, dan lain sebagainya,” ujar Harry.