Jatim Fair 2020 Digelar Secara Hibrid

Friday, 23 October 20 Harry Purnama
Jatim Fair 2020

Hari jadi provinsi Jawa Timur ke-75 pada tahun ini tetap diperingati secara khidmat meskipun di tengah kondisi dan situasi pemulihan perekonomian nasional akibat pandemi COVID-19. Salah satu upaya untuk membangun kembali kepercayaan dan pemberdayaan sektor industri ekonomi riil dan usaha kecil menengah adalah mewujudkan sarana promosi, pembinaan, dan peningkatan produk-produk UMKM dan koperasi agar bisa bangkit kembali seperti sedia kala.

Kegiatan Jatim Fair menjadi salah satu langkah strategis yang telah dilaksanakan setiap tahun sebagai rangkaian peringatan hari jadi provinsi Jawa Timur. Tahun ini, Jatim Fair tetap diselenggarakan meski dengan format penyelenggaraan yang berbeda.

Jatim Fair 2020 digelar secara virtual melalui format pameran daring Jatim Fair Virtual mulai tanggal 22 sampai 26 Oktober 2020  yang diikuti lebih dari 150 stan dari berbagai kabupaten/kota se-Jawa Timur, Organisasi Perangkat Daerah provinsi Jawa Timur, BUMN/BUMD, perusahaan manufaktur, perusahaan menengah ke bawah, serta perajin UKM dan koperasi. Mereka menampilkan aneka produk kerajinan produk fashion, garmen, aksesori, produk olahan kulit, olahan hasil pertanian, perkebunan, pariwisata, pendidikan, perbankan, serta makanan dan minuman.

Jatim Fair Virtual 2020 dapat diakses melalui portal www.jatimfair.com. Melalui Jatim Fair Virtual, masyarakat umum tetap dapat mengakses dan mengetahui secara detail berbagai info, potensi, dan produk-produk industri kecil menengah di Jawa Timur.

Selain secara virtual, Jatim Fair juga digelar secara offline dalam format Jatim Fair “Buyers Meet Sellers” pada tanggal 22-24 Oktober 2020 di Exhibition Hall Grand City Convex Surabaya. Penyelenggaraan dan pengaturan pengunjung untuk acara ini mengikuti dan menerapkan protokol kesehatan secara konsisten sesuai Peraturan Walikota Surabaya No 28 Tahun 2020 dan perubahannya dalam rangka memutus mata rantai penyebaran wabah virus corona secara masif. Oleh karenanya, jumlah kehadiran pengunjung sangat dibatasi maksimum 500 orang per hari melalui visitor registration potensial buyer dan hanya dibuka pukul 10.0 sampai 17.00 WIB.

Dalam penyelenggaraan Jatim Fair Virtual maupun Jatim Fair offline, PT Debindo Mitra Tama dan PT Hardayawidya Graha selaku pihak penyelenggara bekerja sama dengan perusahaan e-commerce Tokopedia dengan menghadirkan flash sale diskon 95 persen maupun cashback sampai 90 persen.