KINTEX Nekat Selenggarakan Pameran di Tengah COVID-19

Wednesday, 13 May 20 Herry Drajat

Pusat pameran dan konvensi terbesar di Korea Selatan, KINTEX, telah berhasil menyelenggarakan MBC Architecture Expo pada 8-11 Mei 2020. Penyelenggaraan tersebut telah sesuai dengan imbauan pemerintah mengenai pencegahan COVID-19, yaitu dengan slogan “In-life distancing”.

Keberhasilan penyelenggaraan pameran tersebut menunjukkan KINTEX telah sukses menjalankan standar keamanan untuk mencegah COVID-19, yaitu melakukan penyemprotan disinfektan di dalam dan luar ruang pameran, serta melakukan modifikasi pada sistem pendingin udara di gedung agar dapat menyirkulasikan 100 persen udara dari luar.

Selain itu, dengan penyelenggaraan pameran tersebut juga menunjukkan KINTEX telah memainkan peran utama untuk memulai kembali industri pameran Korea setelah sebelumnya telah memperkenalkan sistem pertemuan virtual untuk mendukung pertemuan bisnis jarak jauh bagi peserta pameran dan pembeli yang tidak dapat mengunjungi pameran langsung.

Adapun protokol kesehatan bagi pengunjung yang akan memasuki area pameran adalah pada tahap pertama dilakukan penyaringan pengunjung yang mengharuskan mereka mengenakan masker, kemudian di pintu masuk dilengkapi matras disinfektan, kamera pencitraan termal, thermometer pengenal wajah, serta disiapkan ambulans dalam keadaan siaga.

Pada tahap kedua, dilakukan pengukuran suhu tubuh yang dilakukan setelah melewati pintu masuk utama, kemudian pengunjung diwajibkan membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer dan akan mendapatkan sarung tangan plastik. Kemudian antrean diatur agar jarak antar-pengunjung 1,5 m. 

Selanjutnya pada tahap ketiga, di dalam venue pengunjung diwajibkan mengenakan masker dan sarung tangan plastik. Selain itu, peserta pameran dan karyawan kafetaria juga diwajibkan menggunakan masker yang menutupi seluruh wajah.

Prosedur lainnya yang diterapkan adalah pengaturan jarak antar-stan menjadi empat meter, meminimalisir kontak yang tidak perlu, membuat pengaturan rute menjadi satu arah, dan memasang sekat akrilik pada area pertemuan bisnis dan kafetaria.

Untuk menjaga kebersihan serta suci hama, setiap dua kali sehari dilakukan pekerjaan disinfektan khusus yang melibatkan perusahaan yang mempunyai lisensi khusus bidang karantina. Selain itu, SDM KINTEX sendiri melakukan pekerjaan pembersihan umum di area utama, seperti pintu masuk, toilet, tempat merokok, eskalator, dan area tempat duduk, dan di mana saja tempat yang dijangkau oleh pengunjung.