Mandalika Wonderful Ride and Touring Road to Mandalika Promosikan Parekraf Jelang MotoGP 2022

Wednesday, 16 March 22 Bonita Ningsih

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung kegiatan “Wonderful Ride and Touring Road to Mandalika 2022″ yang dilakukan oleh komunitas otomotif di Indonesia. Kegiatan ini hadir untuk mempromosikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif jelang balapan internasional MotoGP pada 18-20 Maret 2022 di Pertamina International Street Circuit, Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Sebagai bentuk dukungannya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, telah melepas keberangkatan komunitas otomotif tersebut pada 14 Maret 2022. Sandiaga melepas 10 motor dari komunitas Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan 10 motor dari komunitas Geber (Gerak Bersama) di halaman depan Gedung Sapta Pesona, Kantor Kemenparekraf, Jakarta Pusat.

BACA JUGA:   Jelang Jakarta Muslim Fashion Week 2023, Kemendag Gelar In Store Promotion Ramadan Fashion Festival

Selain mempromosikan MotoGP 2022, kegiatan touring ini juga diharapkan dapat menggaungkan kampanye wisata #DiIndonesiaAja. Oleh sebab itu, rombongan touring akan berhenti di sejumlah titik destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif yang ada di Indonesia.

Beberapa lokasi yang menjadi incaran para rombongan adalah Semarang, Probolinggo, Banyuwangi, dan Lombok. Nantinya, ketika tiba di NTB, para peserta akan mengunjungi Pantai Selong Belanak, Desa Wisata Gerabah, dan juga Desa Wisata Tete Batu. Dengan demikian, diharapkan kegiatan ini dapat menggeliatkan kembali kunjungan wisatawan, mendorong ekonomi, hingga terbukanya lapangan kerja. 

BACA JUGA:   Ramadhan Jazz Festival sebagai Sarana Dakwah

“Ini adalah bagian dari upaya membangkitkan ekonomi. Saya mengapresiasi karena banyak destinasi dan sentra ekonomi kreatif yang akan dikunjungi,” ungkap Sandiaga.

Menurunya, kesuksesan MotoGP menjadi tanggung jawab semua pihak mulai dari pemerintah dan juga masyarakat. Oleh sebab itu, peserta touring harus memberikan pelayanan terbaik, menunjukkan keramah-tamahan bangsa, dan tidak ugal-ugalan di Saat berkendara. 

“Pesan saya satu, safety riding, utamakan keselamatan, sampai di tujuan dengan selamat. MotoGP Mandalika ini adalah awal kebangkitan ekonomi kita, harus dijaga bersama-sama bergandengan tangan,” kata Sandiaga.

Lebih dari itu, kunjungan komunitas ini juga diharapkan dapat mengangkat isu-isu keberlanjutan lingkungan selama dalam perjalanan. Peserta kegiatan juga diminta untuk taat terhadap rambu lalu lintas dan mengedepankan keselamatan saat berkendara.

BACA JUGA:   ASTINDO Lakukan Edukasi Pencegahan Virus Corona

“Jangan lupa posting di media sosial untuk menyuarakan dan menyukseskan MotoGP 2022 di Mandalika. Dengan melakukan ini bersama-sama, diharapkan akan banyak UMKM yang segera pulih dan kebanjiran pesanan sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan baru,” harapnya.