Pameran dan Konferensi ARCH:ID Kembali Digelar Pada Juni 2022

Tuesday, 14 December 21 Bonita Ningsih

Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) bersama dengan PT Citra Inovasi Strategi (CIS) Exhibition kembali menyelenggarakan acara ARCH:ID pada 2022 mendatang. Konferensi dan pameran ini akan diselenggarakan pada tanggal 2-5 Juni 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang. 

“Setelah sempat tertunda hampir dua tahun karena pandemi, akhirnya acara ini akan diselenggarakan pada 2022 mendatang. Tidak mudah menggelar acara di situasi pasca-pandemi ini karena pasti akan ada perubahan di dalamnya. Tetapi, semoga acara ini menjadi gong di tahun depan,” ujar Georgius Budi Yulianto, Ketua Umum IAI.

Melanjutkan konsep penyelenggaraan sebelumnya, ARCH:ID 2022 akan dipimpin oleh tiga orang arsitek ternama sebagai kurator. Tiga kurator tersebut berasal dari daerah yang berbeda yaitu Jakarta-Salatiga, Medan, dan Surabaya.

Memasuki penyelenggaraan ke-2 , ARCH:ID, tak hanya membahas arsitektur dan industri dari jalur utama yang selama ini mendominasi perhelatan serupa, tetapi hal lainnya yang lebih luas. Beberapa di antaranya adalah membuka ruang lebih luas untuk semua aspek arsitektur dari pulau, kota, desa, dan semua ruang hidup yang mungkin ada di Indonesia.

BACA JUGA:   HOMEDEC 2022 Hadirkan Area Khusus Produk Lokal dan UMKM

“Ini semua merupakan pemikiran dari tiga arsitek yang menjadi kurator dari ARCH:ID 2022 agar acara ini dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat di Indonesia,” ungkap Theresia Asri W. Purnomo, Kepala Badan Sistem Informasi dan Kemitraan IAI.

Sejalan dengan hal tersebut, ARCH:ID 2022, juga akan mengusung tema “Sebentang, Serentang, Segendang”. Ramadhoni Dwipayana, Kurator ARCH:ID 2022, menjelaskan tema tersebut diambil untuk menggambarkan sebuah keberagaman dari praktik dan produk arsitektur di seluruh Indonesia. 

“Selama ini mungkin acara serupa seperti ini selalu berorientasi di Jawa atau Jakarta. Padahal, kami melihat acara ini masih bisa dikembangkan atau dirasakan untuk rekan-rekan arsitek di Indonesia,” ucap Dhoni begitu sapaan akrabnya.

BACA JUGA:   MUFFEST++ Targetkan 40 Ribu Pengunjung dan Rp35 Miliar Transaksi

Melalui tema tersebut, para kurator ingin menampilkan sebuah perbedaan untuk menggambarkan irama yang harmonis. Oleh sebabnya, ARCH:ID 2022, akan melibatkan semua arsitek dan industri dari seluruh penjuru Indonesia mulai dari yang terkenal hingga belum punya nama. 

“Tema ini bukan mewujudkan sesuatu yang sama, justru ingin menampilkan sebuah perbedaan di dalamnya. Kita melihat pada praktiknya, hasil arsitektur dan pembangunan itu tidak harus sama tetapi beda-beda,” ujarnya lagi.

Dalam penyelenggaraannya, ARCH:ID mengajak para suppliers dan brand owners yang terkait dengan konstruksi bangunan untuk ikut serta dalam acara ini. Produk dan jasa yang biasanya ditawarkan berupa Adhesives & Sealant, Advance Materials, Alarm & Automation Systems, Architecture and Interior Design, Retrofitting Specialists, AV, Electrical & Electronic Technologies & Solutions, Bath &  Sanitaryware, Building Hardware Products & Materials, Building Technology: BIM/CAD, Carpet, Laminate, Floor Surfaces Materials, Finishes & Products, Decorative Finishes/Paints/Coating, Drainage, Exterior Architectural Finishes, Materials, Smart Automation, Insulation, Walls, Windows, Ceiling, hingga Door & Glass Materials.“Semoga kegiatan yang diawali dengan niat baik ini dapat membuahkan hasil positif bagi seluruh stakeholder terkait di dalamnya,” kata R. Arief Sofyan Rudiantoro, Conference & Exhibition Manager PT Citra Inovasi Strategi (CIS).