Pameran Karya Kreatif Indonesia Dorong Pengembangan UMKM

Tuesday, 05 October 21 Bonita Ningsih

Bank Indonesia kembali menyelenggarakan Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) dengan tujuan mendorong tumbuhnya aktivitas ekonomi baru di daerah dan mendukung pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan. Acara yang sudah digelar sejak tahun 2016 ini sejalan dengan program Pengembangan UMKM Unggulan yang diimplementasikan oleh 46 Kantor Perwakilan Bank Indonesia di seluruh Indonesia.

Program Pengembangan UMKM Unggulan Bank Indonesia berbasis pada potensi lokal, berorientasi ekspor, serta memanfaatkan platform digital untuk memperoleh akses pasar lebih luas. Pengembangan UMKM difokuskan pada ragam komoditas potensial ekspor dan pendukung pariwisata seperti kain, kerajinan, kopi, dan makanan minuman olahan.

Kegiatan KKI dapat mendorong dan memfasilitasi pengembangan UMKM binaan dan mitra Bank Indonesia secara berkelanjutan dan terintegrasi. Fasilitas tersebut berupa pelaksanaan pameran produk unggulan, pagelaran karya kreatif, talkshow, workshop, business matching, hingga business coaching.

Tahun ini, KKI telah memasuki seri II dan memiliki serangkaian acara seperti Bali Jagadhita Culture Week. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali (KPwBI Prov. Bali) pada tanggal 4-6 Oktober 2021 di Dharma Negara Alaya Denpasar.

BACA JUGA:   ASEAN Energy Business Forum, Menjalin Kerja Sama untuk Keberlanjutan Energi

Jagadhita memiliki makna kebahagiaan dan kesejahteraan bagi setiap masyarakat. Kegiatan ini dimaknai sebagai upaya KPwBI Prov. Bali untuk membawa Bali menuju Jagadhita melalui fasilitasi UMKM yang terintegrasi dengan kebudayaan Bali serta berkolaborasi dengan pelaku seni Bali.

Trisno Nugroho, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak ekonomi kepada UMKM dan masyarakat Bali serta daerah sekitarnya. Tak hanya UMKM binaan Bank Indonesia saja, tetapi juga seluruh UMKM di Bali Nusra.

BACA JUGA:   Festival Sindoro Sumbing Digelar di Temanggung dan Wonosobo

“Kami juga berharap kepada berbagai pihak agar terus memfasilitasi UMKM agar berkembang dan mandiri sehingga menjadi pilar perekonomian Indonesia yang kokoh untuk mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh,” ujar Trisno.

Bali Jagadhita Culture Week merupakan flagship event UMKM yang bertujuan untuk mempromosikan produk-produk UMKM di dalam dan luar negeri. Kegiatan ini juga sekaligus memberi dukungan terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Berbeda dari penyelenggaraan sebelumnya, rangkaian kegiatan Bali Jagadhita Culture Week tahun ini diselenggarakan lebih beragam. Sesuai dengan strategi pengembangan UMKM, event ini juga berusaha untuk meningkatkan kapasitas UMKM berorientasi ekspor melalui talkshow fesyen dan kopi, serta kapasitas pemasaran dan pembayaran digital melalui on boarding UMKM.

BACA JUGA:   Dua Brand Misterius Debut di IIMS 2020

Melengkapi strategi yang lain, Bali Jagadhita Culture Week juga mendorong akses pembiayaan melalui business matching antara perbankan HIMBARA, BPD Bali, UMKM, dan penjajakan kerja sama ekspor.