Pameran Seni Rupa Art Jakarta Kembali Hadir di JCC

Friday, 12 August 22 Bonita Ningsih

Setelah absen dua tahun akibat pandemi COVID-19, Art Jakarta, kembali hadir di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan pada 26-28 Agustus 2022. Kehadiran pekan seni rupa internasional ini melanjutkan kesuksesan Art Jakarta Gardens yang hadir perdana pada April 2022 di Hutan Kota by Plataran.

“Kami melihat Art Jakarta Gardens mendapatkan sambutan baik dari pengunjung dan komunitas seni rupa. Makanya, kami percaya diri untuk menghadirkan kembali format Art Jakarta secara internasional,” ujar Enin Supriyanto, Direktur Artistik Art Jakarta.

Konsep Art Jakarta Gardens berbeda dengan Art Jakarta karena diselenggarakan di ruang terbuka. Art Jakarta Gardens lebih menekankan karya patung dan instalasi di lingkungan taman. Terdapat juga tenda khusus yang ditempati 20 booth galeri seni di Indonesia untuk memamerkan karya seninya.

BACA JUGA:   Lifechanger Concert, Konser Amal untuk Korban Bencana Alam

Sedangkan, pada Art Jakarta 2022, akan menghadirkan 62 galeri dengan pembagian 39 dari Indonesia dan 23 galeri dari mancanegara. Beberapa negara yang sudah konfirmasi mengikuti pameran seni rupa ini adalah negara dari Asia Tenggara, Taiwan, Korea Selatan, dan Jepang.

“Awalnya kami khawatir rekan-rekan luar negeri tidak bisa hadir, tetapi, saya bersyukur sejumlah galeri masih bersedia hadir di sini,” Enin menambahkan.

Pada Art Jakarta tahun ini, pihak penyelenggara mengajak kembali UOB Indonesia sebagai mitra utama untuk kelima kalinya. Institusi perbankan ini merupakan pendukung seni rupa yang giat dan memiliki komitmen panjang terhadap perkembangan seni rupa, khususnya seni lukis di Indonesia hingga Asia Tenggara. 

BACA JUGA:   Java Jazz 2022 Siap Hadir Di Tengah Pandemi

“Art Jakarta dan UOB Indonesia memiliki visi bersama untuk senantiasa menciptakan ekosistem seni kontemporer yang akan terus memberi warna pada komunitas seni,” ucapnya lagi.

Dengan dukungan mitra dan pemangku kepentingan seni rupa, Art Jakarta 2022, akan menghadirkan beberapa segmen menarik seperti Art Jakarta Galleries, Art Jakarta Spot, AJX, AJ1, Bali Art Scene, Art Jakarta NFT, Scene Art, Jakarta Play, hingga Art Jakarta Talks. Untuk menikmati seluruh rangkaian acara tersebut, calon pengunjung dapat melakukan pembelian tiket seharga Rp150.000 melalui website artjakarta.com.

BACA JUGA:   MUFFEST Bekasi Diharapkan Dapat Mencapai Transaksi Memuaskan

“AJ1 merupakan segmen baru untuk memfasilitasi galeri internasional dalam mempresentasikan pameran tunggal. Sedangkan, Art Jakarta Galleries menghadirkan sejumlah galeri muda yang sudah pernah ikut event sebelumnya dan yang masih baru,” kata Enin.