Resmi Dibuka, PEVS 2024 Targetkan Rp400 Miliar Transaksi

Tuesday, 30 April 24 Bonita Ningsih

Pameran kendaraan listrik, PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 telah resmi dibuka pada 30 April 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Acara hasil kolaborasi antara Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (PERIKLINDO) bersama Dyandra Promosindo ini akan berakhir pada tanggal 5 Mei 2024.

PEVS hadir sebagai bentuk komitmen Periklindo untuk menyukseskan program pemerintah terkait percepatan kendaraan motor listrik berbasis baterai yang tertuang di dalam UU No.55 Tahun 2019. Undang-undang ini sejalan dengan Inpres No. 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sebagai Kendaraan Layanan Operasional dan/atau Kendaraan Layanan Perorangan untuk Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah, Insentif dan Subsidi Kendaraan Listrik.

Dengan demikian, kehadiran PEVS diharapkan dapat menjadi sarana sosialisasi kepada masyarakat untuk mengenal ekosistem kendaraan listrik dan juga turunannya. Pameran ini juga sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat untuk memahami segala manfaat yang terdapat dalam kendaraan listrik. 

“PEVS akan menjadi ajang promosi yang besar karena mempertemukan produsen roda empat, roda dua, dan industri pendukung kendaraan listrik,” ujar Moeldoko, Ketua Umum PERIKLINDO saat Opening Ceremony PEVS 2024 di Jakarta pada tanggal 30 April 2024.

BACA JUGA:   Sunset di Kebun Akan Digelar Delapan Kali Selama 2024

Tak sekadar ajang promosi, PEVS, juga menghadirkan serangkaian program menarik yang dapat diikuti oleh para pengunjung selama enam hari penyelenggaraan. Beberapa program unggulan yang dihadirkan adalah business matching, seminar edukasi, hingga hiburan menarik.

Secara rinci, beberapa program yang akan dihadirkan selama PEVS berlangsung adalah Motorcycle Fun Run, Formula Student Show Off, PEVS Parade & Catwalk, Miss PEVS, PEVS Push Bike Race, EVolution Seminar, EV Riding, EV Morning Run, Electric Board & Scooter, drone show race, dan EV Fire Extinguish.

PEVS juga secara rutin menghadirkan program Test Drive dan Test Ride bagi para pengunjung yang memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Pengunjung diberikan kesempatan untuk merasakan langsung sensasi berkendara kendaraan listrik di area indoor maupun outdoor.

Memasuki tahun ketiga penyelenggaraan, PEVS, terus berinovasi menghadirkan sejumlah program menarik yang dapat dinikmati oleh pengunjung pameran. Tahun ini, program terbaru yang dihadirkan adalah Buyers EVening Gathering untuk memberikan pengalaman tak terlupakan bagi pengunjung dan semua partisipan. 

BACA JUGA:   IFEX 2023 Percepat Realisasi Ekspor Indonesia Senilai 5 Miliar Dolar

Melalui serangkaian acara tersebut, PEVS 2024 tidak sekedar sebagai pameran kendaraan listrik, namun juga jembatan untuk membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Kehadiran program-program tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang manfaat kendaraan listrik bagi lingkungan dan masyarakat secara luas.

PEVS 2024 diikuti oleh 116 peserta dari merek mobil dan motor listrik, otomotif turunannya, hingga aksesoris kendaraan. Beberapa merek mobil listrik yang berpartisipasi dalam PEVS 2024 adalah BMW, BYD, Chery, Hyundai, MAB, MG, Neta, Seres, Tesla (Prestige Image Motorcars) dan Wuling. 

Sedangkan, untuk roda duanya ada AHM, Gesits, Keeway, Kymco, Rakata, VMove, Volta, dan ZPT. Sementara itu, perusahaan pendukung otomotif listrik yang hadir dalam pameran ini adalah Astra Otoparts, DUBBS, PT Energi Vertikal Indonesia, Gotion High-Tech, Hardy Motor, HEX UP, Ni Xing, Powerindo, SSKTama, Starvo, dan TL Power. 

BACA JUGA:   Arief Yahya: Tidak Apa-Apa Banyak yang Outbound

Dengan banyaknya program dan peserta pameran, PEVS, ditargetkan mampu mendatangkan Rp400 miliar transaksi selama enam hari penyelenggaraan. PEVS juga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam menurunkan jumlah polusi udara yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor konvensional.

“Kami bangga dapat berpartisipasi dalam membangun lingkungan yang lebih bersih melalui pameran PEVS 2024. Dengan menghadirkan inovasi dan solusi terbaik dalam industri kendaraan listrik, kami berharap dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam upaya untuk mengurangi emisi kendaraan bermotor di Indonesia,” jelas Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung.

Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke PEVS 2024 dapat membeli tiket masuk seharga Rp50.000 setiap harinya. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi akun instagram @pevs_id atau situs https://pevs-id.com/ .