Resetting MICE Pasca-Corona

Friday, 03 April 20 Herry Drajat
Jakarta MICE Destination

Pandemi COVID-19 telah berdampak ke seluruh bidang perekonomian di Indonesia. Bahkan, diperkirakan wabah ini belum akan selesai dalam waktu dekat. Karenanya, banyak pelaku industri saat ini menghentikan operasionalnya, sambil bersiap menunggu wabah ini usai.

Rizky Handayani, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengatakan, dalam usaha meningkatkan kembali perekonomian di Indonesia, Kemenparekraf telah menyiapkan strategi di bidang promosi, pengembangan jejaring, termasuk menjadi tuan rumah ekshibisi internasional untuk dibawa ke Indonesia. “Tentunya ini akan dilakukan dengan bekerjasama dengan Kementerian lain,” jelas Rizky.

Selanjutnya adalah melakukan pertemuan dengan asosiasi dan para pelaku industri MICE untuk menyiapkan strategi mengikuti bidding untuk membawa pertemuan-pertemuan internasional ke Indonesia. Langkah lainnya yang dilakukan untuk menguatkan industri MICE adalah melakukan konsolidasi dengan asosiasi, industri, dan kementerian terkait mengenai apa saja event dan pameran yang ada di Indonesia yang bisa didukung oleh Kemenparekraf, baik dalam promosinya maupun penyelenggaraannya.

“Kami menyiapkan sistem insentif dalam membuat pertemuan di Indonesia ini menjadi lebih kompetitif dibandingkan dengan negara lain bersama-sama dengan asosiasi dan industri,” tegas Rizky.

Sementara itu, Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani mengatakan, wabah virus corona yang saat ini melanda seluruh dunia kecepatannya sangat tinggi.

“Dalam situasi ini kami melihat survival of the futures, siapa yang punya daya tahan dia akan survive, termasuk sisi bisnisnya,” jelasnya.

Halaman : 123