Accor Buka Sanggar Kedua A Trust For A Child di Indonesia

Thursday, 25 March 21 Bonita Ningsih
A Trust For A Child

Jaringan hotel Accor membuka sanggar baru A Trust For A Child (ATFAC) di kawasan Cipinang, Jakarta Timur. Pembukaan sanggar baru ini bertepatan dengan peringatan 20 tahun ATFAC yang jatuh pada bulan Februari 2021.

Program ATFAC adalah konsep inovatif yang menggabungkan kelestarian lingkungan dan pengentasan kemiskinan. Program ini didirikan Accor pada tahun 2001 dan dioperasikan melalui Yayasan Peduli Tunas Bangsa.

ATFAC memiliki beberapa tujuan mulia, antara lain membantu anak-anak kurang mampu, membantu keluarga untuk mendapatkan akses saat pembelajaran di luar jam sekolah, memberikan makanan bergizi, hingga memberikan fasilitas olahraga dan sosial. Setiap kegiatan yang akan dilakukan dibarengi dengan bagaimana cara merawat lingkungan hidup agar menjadi lebih baik.

“Melalui upaya penggalangan dana kami, Accor telah membeli sanggar di Jakarta untuk membangun masa depan masyarakat yang lebih baik. Kami ingin, pasca-COVID-19 nanti, kami memberikan dampak yang lebih besar bagi sekitar,” kata Garth Simmons, CEO Accor Asia Tenggara, Jepang dan Korea Selatan.

BACA JUGA:   Untuk Keempat Kalinya Accor Dukung UMKM di Indonesia

Dengan dibukanya sanggar di Jakarta, saat ini Accor telah memiliki dua sanggar tetap ATFAC di Indonesia. Sanggar pertama yang telah didirikan Accor berlokasi di Bedugul, Bali. Di sana, program ATFAC telah menghasilkan lulusan yang andal dan terampil, yang beberapa di antaranya bekerja di hotel-hotel jaringan Accor.

“Kami sangat senang melihat beberapa lulusan ATFAC yang membanggakan sudah bekerja untuk Accor dan saya berharap dapat membantu lebih banyak lulusan menemukan pekerjaan impian mereka. Masa depan adalah milik mereka dan kami di sini untuk membantu mereka mencapainya,” ujar Garth.

Dalam pelaksanaannya, seluruh kegiatan di sanggar ini didukung penuh oleh hotel-hotel Accor di Indonesia melalui donasi dari karyawan dan tamu. Selain itu, pihak Accor juga menjual berbagai suvenir terkait ATFAC dan menjual barang daur ulang yang keuntungannya untuk kebutuhan sanggar.

BACA JUGA:   Mövenpick Resort & Spa Jimbaran Berpartisipasi dalam Kilo of Kindness

“Selama lebih dari 20 tahun, tim kami yang penuh semangat di Indonesia telah mendukung program A Trust for a Child dan dua momen paling memuaskan dalam karier saya adalah membuka sanggar di Jakarta dan Bali,” Garth menambahkan.

Lenny N. Rosalin, Deputi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), secara daring menyampaikan apresiasinya atas usaha yang telah dilakukan grup Accor melalui program CSR ATFAC. Menurutnya, program ini sebagai bentuk komitmen Accor dalam memenuhi 4 pilar perlindungan anak yang disebutkan dalam Undang-undang Perlindungan Anak yaitu pemerintah, masyarakat, dunia usaha, dan media.

BACA JUGA:   Accor Akan Hadirkan Mercure Living pertama di Malaysia Tahun 2022

“Ini sebagai bentuk komitmen Accor sebagai pelaku usaha dalam melindungi anak-anak Indonesia. Tak hanya anak-anak, Accor juga banyak melakukan langkah-langkah nyata untuk mendukung keluarga kurang mampu,” ungkap Lenny.

Dalam proses perekrutan, terdapat lebih dari 100 anak di sanggar Jakarta dan Bali yang mengikuti program ATFAC. Tercatat 71 alumni telah lulus SMA atau SMK, dan tiga di antaranya menyelesaikan pendidikan sampai tingkat perguruan tinggi dengan jurusan ilmu sosial, kedokteran, dan perhotelan. Kemudian, 14 alumni lainnya bekerja di hotel-hotel Accor, serta 40 anak aktif belajar di kedua sanggar.