Dua Tahun Berkiprah, OYO Indonesia Berhasil Mendapatkan 5,5 Juta Pemesanan

Wednesday, 21 October 20 Bonita Ningsih

Setelah resmi beroperasi di Indonesia pada tahun 2018, tepat di bulan Oktober 2020 OYO Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-2. Selama dua tahun berkiprah di industri hospitality Indonesia, OYO telah berhasil membukukan lebih dari 5,5 juta pemesanan dan membuka lebih dari 20.000 lapangan pekerjaan.

Agus Hartono Wijaya, Country Head OYO Indonesia, menjelaskan, saat ini OYO telah berhasil mencapai lebih dari 3.000 properti dan 45.000 kamar yang tersebar di lebih dari 150 kota seluruh Indonesia. Dengan jumlah properti tersebut, saat ini OYO Indonesia telah memiliki pelanggan setia hingga 3,3 juta orang.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh tamu setia, mitra-mitra OYO, dan juga para OYOpreneurs atas kepercayaannya kepada kami sehingga OYO mampu tumbuh sebagai akomodasi favorit di Indonesia,” ungkap Agus.

Dede Yusuf, Wakil Ketua Komisi X DPR-RI, turut memberikan ucapan selamat dan memberikan apresiasinya kepada OYO Indonesia. Pasalnya, Dede termasuk salah satu mitra OYO Indonesia yang telah berhasil mendapatkan keuntungan selama bekerja sama. Menurutnya, sejak bergabung dengan OYO, pendapatannya meningkat hingga 20-30 persen selama tiga bulan terakhir, setelah sebelumnya turun 80 persen karena pandemi COVID-19.

“Ini merupakan pengalaman pribadi saya sendiri bergabung menjadi mitra OYO. Saya juga melihat, saat ini sistem budget accommodation yang digunakan OYO sudah berkonsep modern, bersih, dan aman. Hal-hal tersebut yang telah membantu pergerakan sektor wisata di Indonesia selama dua tahun terakhir ini,” jelas Dede.

Kesuksesan OYO di Indonesia juga tidak terlepas dari tren yang sedang berkembang saat ini. Fadjar Hutomo, Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengungkapkan, potensi segmen hotel bujet di Indonesia memang sedang berkembang sehingga memiliki peluang besar dalam bisnisnya. Apalagi, jika ditambah dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat di situasi pandemi saat ini.

“Segmen bujet itu memang memiliki opportunity yang sangat besar. Dalam situasi seperti ini, protokol kesehatan dan inovasi adalah kuncinya,” kata Fadjar.

Menandai tahun kedua ini, OYO Indonesia akan terus menyempurnakan seluruh ekosistem di dalamnya untuk memberikan rasa nyaman kepada pelanggannya. Agus juga menambahkan, pihaknya akan terus menghadirkan pelayanan terbaik dan inovatif bagi para tamu, memberikan nilai tambah, serta hasil yang baik bagi mitra pemilik aset dan karyawan OYO Indonesia.