ME Dubai, Karya Terakhir Zaha Hadid

Tuesday, 16 January 18 Harry Purnama
ME Dubai

Dubai, salah satu kota dengan arsitektur paling modern di dunia akan kembali melengkapi jajaran portofolio perusahaan hotel terdepan asal Spanyol, yakni Meliá Hotels International. ME by Meliá, salah satu merek unggulan dari Meliá Hotels International, direncanakan untuk meresmikan hotel pertama di bawah merek tersebut di Timur Tengah, yakni ME Dubai, pada akhir 2018. Didesain maestro arsitektur ternama dunia mendiang Zaha Hadid, ME Dubai adalah satu-satunya proyek hotel dengan interior dan eksterior yang didesain secara pribadi oleh Hadid.

Mengusung visi “interconnectedness” dari sang ratu arsitektur, ME Dubai akan menjadi bagian dari Opus Building setinggi 95 meter. Selain menjadi bangunan karya Zaha Hadid yang pertama di negara tersebut, bangunan yang dikelola oleh pengembang terkemuka Timur Tengah, Omniyat, ini berlokasi di jantung distrik Burj Khalifa dan akan menjadi ikon arsitektur terbaru di Dubai.

Terdiri dari 93 kamar dan suite yang terdiri dari 19 lantai, termasuk Suite Me ultra mewah serta 98 serviced apartment, ME Dubai akan menampilkan furnitur dan perabotan yang khas dan dramatis di area lobi, vertical café, serta area lounge dan resepsi yang didesain dan dipilih secara langsung oleh Zaha Hadid.

Hotel yang berfokus pada segmen lifestyle ini menawarkan 15 restoran, termasuk ROKA, restoran robatayaki Jepang kontemporer. Restoran yang berdiri di London pada tahun 2004 ini diciptakan oleh Rainer Becker mengikuti sukses besar dari Zuma London. Hamish Brow, Group Executive Chef untuk ROKA secara internasional, sejak Maret 2013 telah berhasil memelopori tim yang menciptakan beberapa hidangan paling ikonik dari ROKA London, di antaranya Yellowtail Sashimi dengan balutan Yuzu-Truffle dan sajian daging domba dengan rempah-rempah asal Korea. Untuk melengkapi makanan dari robata, terdapat juga pilihan sushi dan sashimi yang dipersiapkan secara ahli, bersama dengan sajian lainnya dari dapur utama.

Menampilkan kolaborasi antara Rainer Becker dan desainer ternama Noriyoshi Muramatsu dari Studio Glitt, Tokyo, Interior dari ROKA Dubai akan memanjakan pengalaman visual para tamu dilengkapi dengan sajian Robata Grill yang merupakan fitur utama dari ROKA Experience dan juga membawa energi dari ROKA yang sangat terkenal.

Dengan orisinilitas khas Zaha Hadid, desain ME Dubai merupakan karya keseimbangan antara padat dan hampa, buram dan transparan, serta interior dan eksterior. Opus Building membentang seluas 250.000 meter persegi, terdiri dari dua menara terpisah yang terhubung dalam bentuk kubus dan bagian tengahnya “diukir” dengan kekosongan, di mana pusat bangunan akan menyediakan pemandangan eksterior yang tak terduga dan dramatis.

Gabriel Escarrer, Vice Chairman dan CEO Meliá Hotels Internasional, mengungkapkan bahwa ME Dubai akan menjadi properti pertama perusahaan di Timur Tengah. “Kami sangat bersemangat untuk memperkenalkan ME by Meliá. Dubai adalah kota yang sangat memesona dan menakjubkan, serta terkenal dengan desain arsitekturnya yang sangat progresif. Hal tersebut sejalan dengan karakteristik merek ME by Meliá, dan standar tinggi yang kami tawarkan kepada tamu-tamu kami. Kami percaya bahwa komitmen perusahaan dalam memberikan pelayanan yang baik, disandingkan dengan desain yang luar biasa dari Zaha Hadid, serta kuliner istimewa dari ROKA akan memberikan pengalaman yang tak tertandingi untuk para tamu kami di Dubai,” ujar Escarrer.

ME by Meliá diperuntukkan bagi para tamu yang mencari perpaduan kebudayaan dan kemewahan, di mana masing-masing tamu akan didampingi oleh Aura Manager, memastikan pengalaman menginap yang istimewa dan dipersonalisasi. Fasilitas ME Dubai dan layanan Aura Manager juga dapat dinikmati oleh para pemilik serviced apartments yang berlokasi di lantai atas, termasuk empat unit penthouse dengan teras atap pribadi.

Saat ini ME by Meliá tersebar di beberapa lokasi utama di seluruh dunia, seperti Miami, Milan, London, Ibiza, Mallorca, Madrid, dan Cabo, dan akan tersedia di Stiges pada 2018 dan Barcelona pada 2019.