Inaya Putri Bali Lolos Verifikasi Tatanan New Normal

Wednesday, 08 July 20 Bonita Ningsih
Inaya Putri Bali

Pemerintah telah menetapkan kawasan Nusa Dua, Bali, sebagai pilot project wisata new normal. Untuk itu, pemerintah kabupaten Badung mengeluarkan Surat Edaran Bupati Badung No. 259 tahun 2020 tentang panduan Stakeholder Pariwisata di Kabupaten Badung Menuju New Normal Tourism. Seluruh pelaku pariwisata di Nusa Dua diminta untuk melengkapi persyaratan yang ditentukan agar dapat menyambut wisatawan dengan aman dan nyaman.

Inaya Putri Bali menjadi salah satu hotel yang telah mengajukan persyaratan dari Pemkab Badung terkait wisata new normal. Tim Verifikasi Kesiapan Tata Kelola Pariwisata Pemerintah Kabupaten Badung pun telah melakukan verifikasi terhadap Inaya Putri Bali pada awal Juli 2020.

Berdasarkan hasil verifikasi, Inaya Putri Bali berhasil mencapai nilai 298 dari 303 nilai yang ditargetkan dengan persentase 98,34 persen. Nilai tersebut menjadikan Inaya Putri Bali sebagai salah satu hotel yang direkomendasikan Pemkab Badung untuk menyambut tamu di tatanan era baru.

Dengan hasil tersebut, Inaya Putri Bali semakin siap memberikan kenyamanan menginap bagi calon tamunya. Dalam pelaksanaannya, Inaya Putri Bali akan menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) terkait protokol COVID-19 dari Hotel Indonesia Group.

Qodie Ibrahim, CEO Hotel Indonesia Group, menjelaskan, sejak awal pihaknya telah mempersiapkan SOP untuk masa pandemi, recovery, hingga new normal. SOP tersebut disiapkan sejak dini lantaran hotel-hotel di bawah naungannya masih beroperasi untuk mendukung pemerintah pusat ataupun daerah dalam menanggulangi COVID19.

Sugiri Rachmansyah Nugraha, Business Development Manager Hotel Indonesia Group, menjelaskan, beberapa prosedur protokol COVID-19 telah tercantum di SOP antara lain penjemputan tamu di bandara, pembersihan kamar, pembersihan ruang pertemuan, persiapan makanan, hingga pengaturan terapis spa.

“SOP yang kami buat memang bisa langsung diaplikasikan oleh hotel-hotel terkait, mulai hotel bintang 3 hingga bintang 5. Tim kami memang membuat SOP tersebut sangat lengkap,” ujar Sugiri.