InterContinental Bandung Dago Pakar Raih Sertifikasi CHSE dengan Nilai 100%

Monday, 30 November 20 Harry Purnama
InterContinental Bandung Dago Pakar

Pada 26 November lalu, InterContinental Bandung Dago Pakar menjalani uji sertifikasi CHSE (cleanliness, health, safety, and environment) yang merupakan program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sertifikasi ini untuk melihat tingkat kesiapan industri pariwisata dalam menerapkan protokol COVID-19 berdasarkan aspek kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan.

Uji sertifikasi ini dilakukan oleh Sucofindo sebagai perwakilan tim audit yang ditunjuk oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Pada sertifikasi ini, InterContinental Bandung Dago Pakar mendapatkan nilai 100% dari 81 poin yang diuji.

Tujuan dari dilakukannya uji sertifikasi ini diharapkan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan hidup. Selain itu, berbagai manfaat lainnya juga dapat dirasakan, seperti perusahaan dapat menjamin dan meningkatkan jaminan kesehatan kepada karyawan serta pengunjung, serta hal ini juga sebagai bentuk kepatuhan pengelola usaha terhadap peraturan perundang-undangan.

Pascal Caubo, General Manager InterContinental Bandung Dago Pakar, mengatakan bahwa InterContinental Bandung Dago Pakar sendiri sudah mengaplikasikan standar kebersihan dan keselamatan sejak awal pandemi di sekitar bulan April 2020. Standar ini dilakukan oleh seluruh karyawan serta diaplikasikan di seluruh area hotel. Hotel juga sudah melalui proses audit mengenai standar prosedur selama periode pandemi ini oleh kantor pusat IHG (InterContinental Hotels Group) dengan nilai 100%.

Beberapa penerapan yang diaplikasikan di antaranya meminimalisir kontak langsung yang pada saat check-in, penyediaan hand sanitizer, serta pembersihan yang mendalam pada permukaan yang sering disentuh. Untuk di kamar juga disediakan hygiene kit yang berisikan masker, wipe tissue, dan hand sanitizer. Hotel juga memiliki standar baru untuk pelayanan makanan dan minuman yang lebih higienis dan aman untuk tamu serta karyawan.

Diharapkan dengan adanya uji sertifikasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini dapat lebih meningkatkan lagi apa yang sudah dilakukan oleh perusahaan-perusahaan dalam upaya tetap menjaga kebersihan, keselamatan, dan dapat memutus rantai penyebaran COVID-19.