Jaringan Discovery Hotels & Resorts Jamin Kebersihan Hotelnya

Monday, 28 September 20 Bonita Ningsih
Discovery Hotels & Resorts

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memperketat aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Menanggapi hal tersebut, jaringan Discovery Hotels & Resorts semakin konsisten dalam menerapkan protokol kesehatan di area hotel yang di kelola.

Saat ini, Discovery Hotels & Resorts memiliki empat unit hotel di dalamnya yakni Hotel Borobudur Jakarta, Discovery Kartika Plaza Hotel Bali, Discovery Ancol, dan Palace Hotel Cipanas. Keempat hotel tersebut telah menjalankan dan konsisten dalam penerapan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan aturan Kementerian Kesehatan.

Tjitjih Dewiasih, Corporate Senior Sales Manager Discovery Hotels & Resorts, mengungkapkan bahwa sejak awal pandemi di Indonesia, pihaknya telah memberlakukan protokol kesehatan yang ketat di area hotel. Setiap hotel menerapkan protokol kesehatan dan keamanan sesuai anjuran pemerintah, mulai dari pintu masuk hingga seluruh area hotel.

“Sejak awal, kami selalu menerapkan protokol ini secara berlapis dan akan semakin ketat saat ini. Mulai dari tamu memasuki area hotel, proses check-in, check-out, hingga meninggalkan area hotel,” kata Tjitjih.

Tjitjih menjelaskan beberapa protokol kesehatan yang harus ditaati oleh para tamunya, seperti wajib menggunakan masker, pengecekan suhu tubuh oleh security saat memasuki kawasan hotel, mencuci tangan dengan sabun dan air, atau membersihkan tangan dengan hand sanitizer yang tersedia di area hotel.

Selain itu, para tamu juga akan melewati penyemprotan box antiseptic sebelum memasuki lobi hotel dan mematuhi aturan jaga jarak hingga dua meter yang dibuat oleh pihak hotel. Setiap tamu harus melakukan jaga jarak di area mengantre, seperti di depan konter resepsionis, saat melakukan proses check-in/check-out, dan di beberapa fasilitas umum lainnya. Pihak hotel juga telah membatasi kapasitas lift di hotel dengan maksimal lima orang.

Protokol kesehatan ini juga diberlakukan di ruang meeting dengan memberikan jarak antar-kursi minimal 1,5 hingga 2 meter. Setiap tamu peserta meeting juga harus mengikuti aturan lainnya, seperti wajib menggunakan masker, pengukuran suhu tubuh kembali, dan menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki ruangan meeting. Pihak hotel telah menyediakan hand sanitizer di area publik hotel sehingga memudahkan tamu untuk menjaga kebersihan tangannya.

Hal yang sama juga berlaku bagi para staf hotel, yakni menggunakan alat pelindung diri (APD) berupa  masker, sarung tangan karet, dan face shield. Menurut Tjitjih, dengan menerapkan protokol kesehatan tersebut, diharapkan para tamu tidak perlu khawatir saat ingin menginap dan melakukan aktivitas di area hotel.

“Aturan ini semakin memperkuat dan meyakinkan tamu bahwa lingkungan hotel Discovery Hotels & Resorts telah memberikan rasa aman, nyaman, dan bersih,” ucap Tjitjih.