Mercure Jakarta Batavia Tawarkan Bubur Kuning Pekojan Untuk Menu Berbuka Puasa

Tuesday, 05 April 22 Bonita Ningsih

Lebih dari 100 restoran di hotel Accor Indonesia menawarkan paket buka bersama selama Ramadan.  Mengusung tema “Ramadan Wonderful Indonesia oleh ALL – Accor Live Limitless”, para tamu dapat berbuka puasa dengan cita rasa khas Indonesia.

Program Ramadan Wonderful Indonesia juga ditawarkan oleh Mercure Jakarta Batavia yang merupakan salah satu brand dari Accor. Tak hanya makanan khas Indonesia, hotel ini juga menyajikan hidangan internasional dan juga Timur Tengah.

Penawaran spesial yang diberikan Mercure Jakarta Batavia pada Ramadan tahun ini adalah menyajikan kuliner dari salah satu destinasi wisata kota tua yaitu Pekojan. Hotel ini menyajikan Bubur Kuning Pekojan yang menjadi sajian khas berbuka puasa khas Pekojan dan juga sebagai salah satu tradisi dari Jamaah Hadramaut. 

BACA JUGA:   PARK HOTEL Cawang Jakarta Tawarkan 100 Menu Berbuka Puasa

“Bubur ini dibawa oleh leluhur saya, Jamaah Hadramaut atau disebut juga ulama-ulama Habaib yang datang ke Indonesia untuk meneruskan perjalanan Wali Songo atau Sembilan Wali yang terputus, mereka berdakwah sambil berdagang. Biasanya kami makan Bubur Kuning Pekojan saat berbuka puasa, kemudian setelah sholat tarawih baru kami makan nasi,” kata Habieb Achmad Alwi Assegaf keturunan ke-6 dari jamaah Hadramaut sekaligus Imam Langgar Tinggi Pekojan.

Ia bercerita, dulunya makanan ini sering disajikan dan dibawa ke masjid sekitar Pekojan untuk menu berbuka puasa. Namun, seiring berkembangnya zaman, kuliner ini sudah jarang dijumpai karena banyak yang tidak menguasai resepnya.

BACA JUGA:   HARRIS Hotel & Convention Kelapa Gading Tawarkan Promo Khusus Ramadan

“Dulu, setiap Ramadan, masing-masing rumah bergantian menyajikan makanan ini untuk dibawa ke masjid, namun saat ini sudah jarang. Mungkin alasan lainnya karena sudah banyak warga keturunan Arab yang berpindah ke luar Pekojan,” ucapnya.

Djati A. Wijaya, General Manager Mercure Jakarta Batavia, mengungkapkan berbagai hidangan khas Nusantara saat ini telah hadir di Malaka Restaurant menemani para tamu berbuka puasa. Mercure Jakarta Batavia menggandeng UMKM lokal Agrojaya Abadi dan Rosha Batavia untuk menghadirkan hidangan khas Batavia di hotel tersebut.

BACA JUGA:   Villa Puncak by Plataran Tawarkan Suasana Alam yang Hijau

“Sebagai janji kami untuk membuat para tamu merasakan penemuan makanan dan minuman lokal, maka, kami menghadirkan Bubur Kuning Pekojan di bulan Ramadan ini,” dia menambahkan. 

Selama bulan Ramadan, restoran di hotel Accor akan memberikan promo Beli 4 Gratis 1 bagi tamu yang membeli paket berbuka puasa. Promo ini berlaku di restoran Accor seluruh Indonesia pada tanggal 2 April hingga 2 Mei 2022.