Santika Indonesia Siap Buka Kembali Hotel-Hotelnya

Wednesday, 03 June 20 Bonita Ningsih

Pemerintah mulai melonggarkan aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan siap menghadapi new normal. Beberapa pelaku usaha pun diminta untuk mempersiapkan new normal dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan di dalam bisnisnya.

Salah satu pelaku industri yang menyatakan siap untuk menjalani new normal ialah Santika Indonesia Hotels & Resorts. Dalam hal ini, Santika Indonesia Hotels & Resorts akan kembali membuka unit-unit hotelnya, yang sebelumnya ditutup sementara akibat pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia pada Maret 2020.

L. Sudarsana, General Manager Business Development & Marketing Communication Department Santika Indonesia Hotels & Resorts, mengatakan, ada kurang lebih 80 unit hotel yang tergabung di Santika Indonesia Hotels & Resorts akan kembali dibuka secara berkala mulai tanggal 4 Juni 2020.

Berbagai Standar Operasional Prosedur (SOP) dan protokol kesehatan akan dipersiapkan dengan matang untuk menyambut kembali pembukaan hotel tersebut. Dalam hal ini, Santika Indonesia Hotels & Resorts membagi dua protokol berbeda yang akan diberlakukan oleh seluruh tamu dan karyawan yang berada di area hotel.

Untuk tamu, Sudarsana mengatakan pihaknya akan melakukan pengukuran suhu tubuh sebelum tamu memasuki area hotel, wajib menggunakan masker saat berada di area hotel, hingga memberikan cairan pembersih tangan sebelum tamu memasuki lobi hotel.

“Kami juga akan menyemprot bagian telapak dari alas kaki mereka dan roda pada koper yang dibawanya,” kata Sudarsana.

Bagi hotel yang memiliki layanan antar-jemput bandara, akan ada protokol tambahan di dalamnya. Menurutnya, setiap tamu yang dijemput di bandara akan diberikan satu set alat kesehatan seperti masker dan juga rubber hand gloves. Pihak hotel juga akan menyediakan satu set alat kesehatan di front office agar dapat digunakan tamu saat melakukan proses check in.

“Sarapan pagi yang akan kami sediakan juga dalam bentuk boks untuk sementara waktu ini. Menu yang dapat tamu pesan juga akan kami letakkan pada door knob agar dapat digantung di depan pintu,” jelasnya lagi.

Selain itu, Santika Indonesia Hotels & Resorts juga menerapkan standar baru bagi para karyawannya sebelum melakukan kontak dengan tamu. Setiap karyawan juga wajib diukur suhu tubuhnya sebelum masuk ke area hotel dan mewajibkan karyawan yang berhubungan langsung dengan tamu seperti front office dan housekeeping untuk menggunakan face shield setiap saat.

Untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus Corona, Santika Indonesia Hotels & Resorts akan mengadakan rapid test virus Corona bagi seluruh karyawannya. Tes ini dilakukan sebelum hotel mulai dioperasikan kembali.

“Kami juga mewajibkan karyawan untuk mandi saat sampai di hotel dan setelah selesai bekerja. Seragam karyawan juga akan selalu dicuci setiap hari untuk menghindari penyebaran virus ini,” ucapnya lagi.

Sementara itu, untuk fasilitas yang digunakan bersama, seperti restoran, kolam renang, dan gym tidak dapat digunakan oleh para tamu hotel. Kebijakan ini dilakukan sebagai bentuk uji coba SOP New Normal selama satu bulan ke depan.