Sosialisasi AccorHotels Terhadap Bahaya Narkoba di SMKN 57

Tuesday, 05 December 17   30 Views   0 Comments   Ahmad Baihaki
AccorHotels

Berdasarkan catatan Badan Narkotika Nasional, gambaran umum penyalah guna narkotika di tahun 2014 mencapai 4 juta jiwa dan usia pelajar mengambil bagian sebanyak 27,32%. Melihat data tersebut AccorHotels wilayah Jakarta dan sekitarnya kembali mengadakan rangkaian kegiatan berupa penyuluhan bahaya narkoba dan pemberian imunisasi DTTD dan HPV.

Perwakilan staf dari 35 hotel dari berbagai brand (Raffles, Fairmont, Pullman, Grand Mercure, Novotel, Mercure, ibis Styles, ibis, dan ibis Budget) yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya secara aktif terlibat dalam acara yang berlangsung selama dua hari ini.

Pada hari pertama 4 Desember 2017, diadakan penyuluhan sosialisasi bahaya narkoba bekerjasama dengan BNN (Badan Narkotika Nasional) yang diikuti sekitar 450 siswa dan siswi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 57, Ragunan Jakarta Selatan.

Carlos Monterde, Ketua program CSR AccorHotels Greater Jakarta mengatakan, kegiatan seperti ini rutin diadakan untuk para pelajar dengan jenjang usia serta sekolah yang kami tuju berbeda-beda setiap tahunnya. Kali ini kami menyasar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), para pelajar yang siap dan segera akan memasuki dunia kerja, sehingga perlu untuk dibekali mengenai hal-hal yang harus dihindari sejak dini.

“Sosialisasi ini mengingatkan para pelajar untuk menjauhi semua bentuk penggunaan narkoba dan menghindari hubungan seksual untuk menekan laju pertambahan pengidap HIV/AIDS di kalangan anak dan remaja,” ujarnya.

General Manager Grand Mercure Jakarta Harmoni Rulvastina Randy, menambahkan, kegiatan ini merupakan program rutin yang setiap tahun akan selalu diadakan pada bulan Desember yang dimana sekaligus memperingati hari AIDS sedunia.

“Kami memiliki tanggung jawab untuk berperan aktif bersama para orang tua, guru dan masyarakat luas untuk menjaga generasi muda masa depan bangsa dari pengaruh hal-hal negatif yang mengancam masa depan mereka, salah satunya lewat pemberian penyuluhan yang bersifat lebih santai dan terbuka untuk memberikan pemahaman, pendidikan dan pengetahuan medis umum yang dapat diterima oleh mereka.

Eti Suyanti, Kepala Sekolah SMKN 57 Jakarta, mengungkapkan, kegiatan penyuluhan ini sangat bermanfaat bagi para siswa-siswi di sekolah ini. Karena pada usia 14-18 tahun sangat rentan terhadap hal-hal yang negative.

Acara hari pertama ditutup dengan penanaman bibit pohon bersama 35 General Manager dari hotelhoAccorHotels wilayah Jakarta dan sekitarnya di area sekolah SMKN 57. Ini merupakan salah satu wujud kepedulian lingkungan dan salah satu program dari AccorHotels yaitu Planet 21.

Pada hari kedua 5 Desember 2017, sebagai bagian dari program tahunan “Solidarity Day”, Accor Hotels berkolaborasi dengan Puskesmas Kecamatan Gambir dengan Suku Dinas Kesehatan Propinsi DKI Jakarta lewat program rutin mereka yaitu “Bulan Imunisasi Anak Sekolah” (BIAS), mengadakan pemberian gratis imunisasi DTTD untuk pencegahan penyakit Difteri dan Tetanus bagi ratusan siswa, dan imunisasi HPV untuk pencegahan penyakit kanker Serviks bagi sekitar 300 siswi berusia 9-12 tahun di Sekolah Dasar Negeri 01, Kebon Kelapa Jakarta Pusat.