Urban Garden, Program Keberlanjutan dari Novotel & ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square 

Tuesday, 26 December 23 Bonita Ningsih

Novotel & ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square berhasil merampungkan salah satu project sustainability programme yang dicanangkan oleh Accor. Hotel ini memilih untuk memanfaatkan food waste dan membangun pertanian dengan konsep Urban Garden.

Hotel yang berlokasi di Jalan Gunung Sahari, Jakarta Utara, ini mengolah tanaman organik dengan memanfaatkan sisa makanan sayuran dan buah sebagai pupuk untuk memenuhi sebagian kebutuhan dapur. Pihak hotel juga telah menanam sejumlah sayuran dan tanaman buah untuk melengkapi program keberlanjutannya ini. 

Urban Garden bertujuan untuk rekreasi, edukasi, produksi, serta momentum bagi para pegawai melakukan aktivitas green escape. Melalui program ini, pihak hotel akan belajar dan berekreasi mengenai pertanian yang hasil produksinya nanti dapat masuk ke dapur.

BACA JUGA:   Padma Culinary Journey Hadirkan Perpaduan Hidangan Khas Jepang dan Peru 

Director of Sales and Distribution, Ria Andrinie,  menjelaskan bahwa selama enam bulan terakhir telah berhasil mengurangi limbah makanan hampir 60 persen jika dibandingkan tahun lalu. Pihaknya sudah berhasil mengolah makanan sisa sayuran dan buah untuk dijadikan pupuk kompos. Pupuk tersebut berhasil dimanfaatkan untuk menanam tanaman organik, ada pakcoy, daun mint, hingga selada keriting.

“Tahap selanjutnya kami sedang proses menanam benih selada merah, terong, tomat cherry, dan basil,” kata Ria yang juga menjabat sebagai Kepala Proyek Urban Garden. 

Dalam pelaksanaannya, Urban Garden, dibangun di atap hotel ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square dengan sejumlah instalasi pengairan dan metode lain. Pada bagian atasnya, pihak hotel juga memasangkan atap pelindung sinar ultraviolet untuk memudahkan prosesnya.

BACA JUGA:   Valentine Nikmat di Holiday Inn Gajah Mada

“Ide pertamanya adalah membuat pupuk kompos dari limbah makanan lalu berkembang menjadi Urban Garden dengan tanaman organik. Tanaman tersebut saat ini sudah mampu membantu 20 persen dari kebutuhan dapur,” ujarnya lagi.

Menurutnya, menanam dengan konsep Urban Garden memiliki kunci utama pada penjagaan nutrisi, produksi makanan sendiri, dan program berkelanjutan. Oleh sebabnya, pihak hotel secara rutin melakukan pengecekan dan perawatan agar tanaman dapat tumbuh subur.

“Tips dan triknya ada pada perawatan, kami biasa rutin cek nutrisi pakai ph meter, kalau ph tinggi kami turunkan, dan air kami cek terus tiap hari,” jelasnya.

BACA JUGA:   The Grove Suites by GRAND ASTON Persembahkan Lentera Ramadhan

Ke depannya, pihak hotel akan terus berkomitmen untuk mengembangkan pertanian ini lebih masif lagi. “Kendala yang terjadi saat ini masih pada kuantitas tanaman yang belum dapat memenuhi 100 persen kebutuhan meskipun sejumlah tanaman bisa langsung dipetik dan digunakan,” Ria menambahkan.