Agar Tidak ‘Buta’ dengan Manfaat Investasi

Tuesday, 10 August 21 Venue
Raiz Invest

Investasi bukan lagi kata yang asing di telinga banyak orang Indonesia, namun, tidak sedikit orang ‘buta’ dengan manfaat investasi. Hal itu dikatakan Anggia Zainur Rahmah, Tim Pengembang Media Digital Edukasi Ekonomi Islam, dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Senin (9/8/2021).

“Padahal, investasi yang benar dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang bahkan memberikan kekebasan financial,” ujar dia.

Menurutnya, terdapat beragam jenis investasi seperti deposito, emas, reksadana, saham, properti, hingga obligasi yang bisa dimanfaatkan. “Sayangnya, kepemilikan investasi ini sering kali disepelekan oleh banyak orang.”

Anggia mengatakan, terdapat beberapa manfaat berinvestasi yang perlu diketahui:

  • Menjauhi kemungkinan terjadinya inflasi.

Inflasi pasti selalu terjadi dari waktu ke waktu. Kondisi ini berdampak pada menurunnya nilai mata uang. Investasi pun menjadi salah satu cara menjauhi dampak inflasi. Dengan investasi yang baik, bisa membuat pertumbuhan uang lebih banyak lagi. 

  • Penghasilan bertambah.

Salah satu manfaat investasi adalah dengan memberikan penghasilan tambahan. Dengan begini penghasilan bisa berasal lebih dari satu sumber dan mungkin saja tidak lagi menggantungkan hidup pada gaji yang diperoleh setiap bulannya.

  • Nilai uang bertambah.

Bila menabung di bank, uang bisa terus dipotong karena adanya sistem bunga yang biasanya hanya cukup untuk membayar biaya administrasi. Kondisi keuangan pun bakal memerlukan waktu yang lama untuk bertubuh. Namun dengan manfaat investasi, dapat mengatur uang dan meningkatkan nilainya secara lebih singkat. Dengan begini, uang jadi lebih banyak dan memberikan keuntungan dalam jangka panjang.

  • Mempersiapkan kebutuhan masa depan.

Salah satu manfaat investasi adalah membantu mempersiapkan modal terkait kebutuhan di masa depan seperti kesehatan, pernikahan, pendidikan anak, dan lain-lain. Melalui investasi, bisa terbantu untuk menghadapi adanya kenaikan biaya pada kebutuhan-kebutuhan tersebut.

  • Merdeka secara financial.

Siapa yang tidak ingin merasakan financial freedom? Kondisi ini diartikan sebagai keadaan di mana memiliki financial yang mampu mencukupi kebutuhan sehari-hari. Nah, salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mewujudkan financial freedom adalah dengan berinvestasi.

Anggia mengatakan, perlu diingat, semakin tinggi keuntungan investasi, semakin tinggi pula tingkat risiko yang mungkin saja terjadi. Yang jelas, sebelum benar-benar terjun ke dunia investasi, harus pahami betul apa saja syarat dan juga risiko yang mungkin terjadi.

“Dengan melakukan investasi yang tepat, maka kamu bisa mencapai financial yang lebih baik. Jika kamu berencana untuk melakukan investasi, ada baiknya jika memulainya dengan reksadana,” ujar dia.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).