Alasan Memilih Bisnis Online

Tuesday, 10 August 21 Venue

Menjadi seorang pebisnis adalah harapan hampir sebagian orang. Namun, tidak setiap orang memiliki kesiapan dan keberanian yang sama untuk menjalankan sebuah bisnis.

“Modal yang kurang cukup, keahlian yang kurang, koneksi yang sedikit dan berbagai alasan lain kerap dilontarkan sebagai alasan belum dimulainya bisnis yang telah diimpikan atau direncanakan,” kata Muhammad Alvin Al Huda, CEO CV. Huni Raya Group, dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (9/8/2021).

Menurut dia, seiring dengan perkembangan zaman, hal tersebut dapat diatasi sehingga tidak menghalangi keinginan untuk menjalankan sebuah bisnis. Solusi tersebut adalah menjalankan bisnis online. “Berbeda dengan bisnis biasa, ada berbagai macam keuntungan dan peluang yang bisa dimanfaatkan dan dapatkan melalui bisnis online,” ujarnya.

Berikut beberapa alasan yang dapat menjadi acuan untuk memilih bisnis online, yaitu:

  • Pengguna Internet Terbanyak.
BACA JUGA:   Aman Bertransaksi Digital dengan 2FA

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna internet aktif terbanyak. Hampir 3 dari 4 orang Indonesia merupakan pengguna internet aktif, dengan separuhnya berada di kisaran usia 12 hingga 34 tahun. Rata-rata pengguna internet Indonesia menghabiskan 5 jam waktunya dalam sehari untuk mengakses internet. Fakta tersebut menunjukkan bahwa bisnis online merupakan pasar yang menjanjikan dengan banyaknya pengguna internet yang berada dalam usia produktif. Pada umumnya mereka mengakses media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

  • Target Pasar yang Luas.

Berbeda dengan pasar biasa, jaringan internet tidak memiliki batas ruang sehingga target pasar anda dapat meluas hingga ke luar kota, luar pulau, bahkan luar negeri. Keluasan akses ini memberikan peluang untuk mengembangkan bisnis anda lebih luas lagi tanpa Anda atau calon pembeli harus keluar rumah.

  • Mudah dan Fleksibel.
BACA JUGA:   Literasi Baik Hindari Informasi Absurd

Menjadi wirausaha bukan hal yang mudah. Namun dengan memanfaatkan teknologi, persiapannya menjadi lebih mudah. “Anda tidak perlu membuka toko fisik dengan harga sewa tinggi jika Anda baru memulai usaha. Di samping itu, “toko” online anda juga dapat buka 24 jam penuh selama Anda memiliki akses ke internet,” kata Alvin.

Menurutnya, seseorang dapat menjalankan bisnis tanpa perlu ke luar rumah atau meskipun sedang berlibur. Selain itu, dengan memanfaatkan sosial media, komunitas, dan forum jual beli secara baik dan mempromosikan produk secara berkala, produk yang dimiliki akan lebih mudah dikenali oleh orang lain.

  • Tidak Dipengaruhi Cuaca.

Hal menarik dari bisnis online adalah dapat tetap melaksanakannya tak peduli bagaimana situasi atau cuaca di luar. Selama memiliki koneksi internet, maka meski terjadi macet, hujan, atau banjir, tetap dapat membuka toko dan calon pembeli juga tetap dapat melakukan transaksi.

BACA JUGA:   Lindungi Diri Dari Cybercrime, Pahami Jenis-Jenisnya

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).