Cara Efektif Memulai Bisnis Online

Sunday, 18 July 21 Venue

Setiap pelaku usaha yang sebagian ataupun semua aktivitas bisnisnya dilakukan melalui Internet, bisa dikatakan mereka menjalankan bisnis online. Aktivitas bisnis ini meliputi kegiatan jual beli produk atau barang secara online, maupun menyediakan jasa secara online, dan banyak jenis bisnis lainnya yang bisa ditemukan di Internet dalam berbagai bidang industri.

Hal itu diungkapkan Darwin Tenironama, Managing Director IMS Hospitality Managemet Consulting & Lecturer Universitas Multimedia Nusantara dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (16/7/2021).

Menurutnya, saat ini memulai bisnis online shop lebih banyak diminati oleh para pebisnis. Hal ini dikarenakan banyak yang merasa jualan dengan sistem online lebih efektif dibandingkan dengan jualan secara konvensional.

“Karena dengan menjual barang secara online dapat menghemat pengeluaran dibandingkan dengan menyewa sebuah tempat untuk berjualan,” ujarnya.  Namun, menurut Darwin, sebelum memutuskan berjualan secara online, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut adalah cara efektif untuk memulai bisnis online:

  • Perhatikan produk yang akan dijual.
BACA JUGA:   Jangan Sampai Teknologi Menjadi Bumerang

Ingatlah terdapat beberapa risiko yang akan terjadi ketika berjualan secara online, terutama dalam proses pengiriman, untuk itu harus mengetahui kurir mana yang cocok dengan produk. Misalkan menjual baju, menggunakan jasa kurir dengan pengiriman selama dua hari tentu saja akan aman. Namun berbeda halnya ketika menjual makanan tidak tahan lama.

  • Tentukan platform penjualan bisnis online shop.

Sebaiknya kamu menentukan platform apa saja yang akan digunakan untuk mempromosikan bisnis. Dengan begitu bisa menyusun strategi yang tepat. Jangan sampai menjual pada platform yang tidak sesuai dengan target pembeli.

  • Foto produk secara menarik.
BACA JUGA:   Dampak Negatif Sekolah Online pada Anak

Menjual produk secara online, sebaiknya membuat foto produk semenarik mungkin. Hal ini dilakukan agar menarik para pembeli. Sebelum membuat foto produk, kita dapat mencari contoh foto produk yang sesuai untuk menarik pembeli.

  • Berikan promosi berupa reward.

Siapa yang tak tertarik dengan potongan harga, atau dengan promosi beli satu gratis satu. Dengan begitu tentu saja akan menarik para pembeli, setidaknya mereka akan melihat produk, mengetahui tentang brand.

  • Perhatikan kualitas produk

Penjualan secara online berarti pembeli hanya dapat melihat produk dari foto dan dari keterangan yang diberikan mengenai produk tersebut. Maka jagalah kepercayaan pelanggan dengan memperhatikan kualitas produk yang dijual.

BACA JUGA:   Menggunakan Medsos Untuk Bisnis

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).