Empat Langkah Menjaga Keamanan Akun Medsos

Wednesday, 21 July 21 Venue

Saat ini, hampir semua orang memiliki akun media sosial (medsos). Media-media ini memudahkan orang untuk menemui dan menghubungi siapa saja dan kapan saja.

Menurut Sapto Hadi Riono, Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Laboratorium Komputer UNIWARA Pasuruan, kemudahan itu juga memiliki dampak yang tidak begitu baik. “Dengan semakin mudahnya menghubungi orang lain dimana saja, ternyata menjadikan privasi juga akan mudah dilanggar, apalagi dengan banyaknya hacker di zaman sekarang ini,” katanya dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Senin (19/7/2021).

Menurutnya, banyak juga orang yang memakai media sosial tidak hanya untuk berhubungan dengan orang lain saja, tetapi juga untuk mengembangkan usaha. Perlahan masing-masing orang memutar perekonomian melalui dunia digital.

BACA JUGA:   Aman Nyaman Gunakan Medsos

“Bila akun usaha tersebut tidak memiliki pengamanan yang cukup baik, bisa saja akun ini di-hack oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab,” ujar Sapto. Oleh karena itu, lanjut dia, hal yang penting untuk menjaga keamanan akun media sosial, baik akun pribadi maupun akun perusahaan atau usaha.

Menurut Sapto, berikut empat langkah menjaga keamanan akun media sosial:

  • Password yang kuat.

Password adalah hal penting yang dapat melindungi data dan privasi di media sosial. Untuk membuat password media sosial pastikan tidak menggunakan kombinasi dari kata-kata yang mudah ataupun tanggal lahir. Hal tersebut kerap dilakukan lantaran mudah diingat.

  • Pemilihan aplikasi dan website.

Hal ini tidak dapat diacuhkan begitu saja. Sebab, aplikasi dan website yang tidak terpercaya dapat menimbulkan berbagai masalah pada data dan privasi. Selain itu, aplikasi dan website yang tidak terpercaya umumnya memiliki sistem pengamanan yang belum cukup tinggi untuk melindungi data penggunanya.

  • Verifikasi dua langkah.
BACA JUGA:   Hindari Cyberbullying, Bijak Bermedia Sosial

Fitur verifikasi dua langkah ini memungkinkan untuk melakukan verifikasi ke akun media sosial setiap kali login. Apabila fitur ini aktif, biasanya kode verifikasi akan dikirimkan melalui SMS ataupun email.

  • Penggunaan perangkat terpercaya.

Beberapa kasus hack sering terjadi di kala seseorang melakukan login di tempat-tempat publik seperti warnet. Sebaiknya, hindari melakukan login pada PC yang sering diakses banyak orang. Sebab, dengan login media sosial di tempat publik akan meningkatkan risiko untuk terkena hack lantaran lupa untuk melakukan logout.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

BACA JUGA:   Bijak Saat Berkomentar di Media Sosial

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).