Internet, Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia

Saturday, 28 August 21 Venue
Work From Hotel Holiday Inn Express Jakarta Matraman

Saat ini, internet seolah menjadi kebutuhan primer manusia karena memenuhi hampir seluruh ruang kehidupan mereka. Mulai dari hal paling sederhana hingga cukup rumit semua dapat dikendalikan dan dikerjakan dengan bantuan internet.

“Kini tidak ada bidang apapun yang tak bisa dipermudah oleh manfaat internet. Kreasi terhebat ini memberi semua orang akses untuk menjangkau seluruh dunia,” kata Influencer Lady Kjaernett, Key Opinion Leader, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (27/8/2021).

Kehidupan modern, kata dia, menjadi lebih mudah berkat kontribusi besar teknologi internet untuk komunikasi dan berbagi informasi. “Manfaat internet tak hanya sebatas pada akses komunikasi dan informasi. Kini manfaat internet telah merambah pada sektor ekonomi, sosial, hiburan, hingga keamanan,” ujar Lady.

BACA JUGA:   Anak dan Dunia Digital

Melalui internet, lanjut dia, segala aktivitas dapat meraih efisiensinya. Dalam hal ini bagi penggunaan internet yang bijak akan memperoleh banyak keuntungan di berbagai sektor. Manfaat internet pun juga akan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Lady mengatakan, terdapat ragam manfaat internet dalam kehidupan manusia, di antaranya:

  • Sosialisasi

Sebagai sarana komunikasi dan sosialisasi antar manusia. Kini kita tak perlu betatapan muka secara langsung untuk bisa melakukan percakapan. Terdapat teknologi perpesanan secara online seperti WhatsApp dan Telegram yang memungkinkan terhubung secara real-time dengan orang lain di belahan bumi manapun.

  • Bisnis

Internet juga sangat bermanfaat dalam usaha atau bisnis. Jika zaman dahulu pasar hanya bisa ditemukan dalam bentuk toko fisik, yang mengharuskan kita mendatangi tempat tersebut untuk membeli barang-barang kebutuhan, kini semua itu tak perlu lagi dilakukan. Dengan adanya internet, pasar-pasar secara online berkembang secara masif sehingga kita bisa menemukan produk apapun yang dibutuhkan di marketplace.

  • Self-Developing

Manfaat internet juga bisa digunakan untuk meningkatkan pengembangan diri melalui kursus-kursus online yang bisa diikuti dari rumah.  Kita bisa memilih sendiri jenis pelatihan dan waktu pelatihan yang diinginkan dengan mencarinya di internet.

  • Hiburan
BACA JUGA:   Hati-Hati Berkomentar di Medsos, Simak Etikanya

Tak hanya itu, kita juga bisa mendapatkan hiburan dengan adanya internet. Mulai dari game online sampai menonton film secara online bisa dilakukan karena manfaat internet.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

BACA JUGA:   Enam Langkah Mudah Meninggalkan Jejak Digital Positif

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).