Keuntungan Bermain Game Online

Tuesday, 31 August 21 Venue

Di era digital seperti sekarang ini di mana perkembangan zaman semakin canggih, Game online menjadi bagian dari gaya hidup mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Game online adalah permainan yang menggunakan jaringan komputer yang memerlukan koneksi internet.

“Game online merupakan kegiatan yang menyenangkan. Game online juga bisa dimainkan secara bersama-sama dengan orang lain walapun orang lain itu berada jauh,” kata Segi Rahardian Albariqy, Profesional Gamer sebagai Key Opinian leader dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Senin (30/8/2021).

Game online, lanjut dia, tidak hanya mempengaruhi kehidupan sosial penggemarnya dalam dunia nyata tetapi juga terkadang mempengaruhi kejiwaannya apabila memainkannya terlalu lama. “Game online juga memiliki efek kecanduan yang akan berdampak buruk bagi kesehatan baik fisik, psikologis, dan gangguan otak anak,” ujar Segi.

BACA JUGA:   Kunci Bertahan di Masa Pandemi

Namun, dia meminta untuk tidak terlalu khawatir. “Sebab, dengan pengaturan waktu bermain dan pengawasan tepat, ada sejumlah keuntungan yang didapat anak dari bermain Game online,” katanya.

Segi mengatakan, terdapat dampak positif bermain Game Online, di antaranya:

  • Meningkatkan Kerja Otak

Bermain game online akan meningkatkan kinerja otak. Permainan ini membutuhkan konsentrasi tinggi. Kemampuan konsentrasi pemain Game online akan meningkat karena mereka harus menyelesaikan beberapa tugas, mecari celah yang mungkin bisa dilewati dan memonitor jalannya permainan. Semakin sulit sebuah game maka semakin diperlukan tingkat konsentrasi yang tinggi. Selain itu, Game online juga meningkatkan keterampilan kognitif, seperti memecahkan masalah dan membuat keputusan.

  • Mengajarkan Sportivitas

Permainan dalam game online secara tidak langsung telah menanamkan nilai-nilai sportivitas dalam diri mereka. Mereka mematuhi peraturan permainan yang telah berlaku. Selain itu, bagi seseorang yang kalah atau pun menang adalah hal yang biasa. Secara tidak sadar mereka dididik agar tidak sombong saat menang dan tidak pula untuk mudah menyerah saat mengalami kekalahan.

  • Mengasah Kemampuan Multi-tasking

Game online juga mengasah kemampuan multi-tasking. Permainan ini meningkatkan kesigapan anak karena membutuhkan skill yang baik. Saat bermain game, seseorang harus berkonsentrasi penuh agar mata dan tangan bisa bekerja selaras.

  • Melatih Cara Kerja Tim
BACA JUGA:   Strategi Branding Melalui Media Sosial

Dalam bermain game online terkadang kita tidak hanya main sendiri namun terdapat juga tim. Dalam sebuah tim itu kita butuh komunikasi mulai bangunlah hubungan yang konstruktif dengan rekan satu tim. Salah satu caranya adalah dengan memberikan semangat dalam kondisi yang sulit. Kerja sama dalam tim menjadi hal yang sangat dibutuhkan dalam permainan Game online untuk mencapai kemenangan.

BACA JUGA:   Konsumsi Medsos Masyarakat Indonesia Meningkat

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).