Memanfaatkan Media Sosial untuk Bisnis

Wednesday, 25 August 21 Venue

Media sosial kini juga dimanfaatkan untuk mengenalkan atau mengembangkan bisnis. Apalagi beberapa platform seperti Facebook dan Instagram telah mendukung dengan menyediakan fitur khusus untuk bisnis.

“Manfaat media sosial untuk bisnis pun tidak main-main. Dengan media sosial, bisnis kecil sekalipun bisa punya peluang untuk meraup kesuksesan besar,” kata Diana Aletheia Balienda, Fasilitator Kaizen Room, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Selasa (24/8/2021).

Tak hanya meningkatkan penjualan, lanjut Diana, media sosial untuk bisnis juga memiliki manfaat untuk digunakan menganalisis pasar, konsumen, hingga kebutuhan produksi. “Kini banyak orang yang memanfaatkan media sosial untuk bisnis,” ujarnya.  

Para pebisnis, lanjut dia, memanfaatkan keramaian di media sosial. “Banyaknya orang yang aktif di dalam media sosial bisa menjadi tempat yang potensial untuk memasarkan berbagai produk secara gratis,” kata dia.

BACA JUGA:   Ancaman Ini Terus Mengintai Keamanan Digital

Diana mengatakan, memanfaatkan media sosial pasti akan sangat membantu dalam mengembangkan unit bisnis atau pun untuk memperkenalkan usaha pada khalayak, seperti:

  • Komunikasi lebih cepat dan mudah

Pelanggan dapat menghubungi customer service lebih cepat dan lebih mudah daripada sebelumnya berkat media sosial. Pelaku bisnis juga dapat menerima, meninjau, dan menanggapi keluhan pelanggan lebih cepat dan lebih mudah dari sebelumnya. Berkat kehadiran media sosial, jalur komunikasi yang dulunya masih terasa sulit untuk dibangun, sekarang sudah mulai lebih mudah untuk dilakukan. Pelanggan juga bisa mendapatkan umpan balik dalam waktu yang lebih cepat dengan menggunakan media sosial.

  • Jaringan & Kemitraan

Dalam memasarkan sebuah merek, berkerja sama dengan orang-orang terkenal dinilai akan memberikan dampak positif untuk mendapat perhatian publik. Sebelum adanya media sosial, kita kesulitan jika ingin menghubungi seorang artis, politisi, atau influencer lainnya. Namun saat ini, kita dapat dengan mudah mendapatkan akun dari para selebritas, bintang olahraga, bahkan presiden. Sehingga, kita memiliki peluang lebih dari sebelumnya dalam menjalin kemitraan.

  • Meningkatkan Visibilitas Organik
BACA JUGA:   Pembayaran Online Semakin Mudah, Ini Ragamnya

Selain dapat menjalin kemitraan, masih ada banyak nilai potensial lainnya yang bisa didapatkan dari media sosial. Media sosial juga bisa mengirimkan sinyal relevansi dan sinyal lain ke mesin telusur seperti Google untuk memastikan konten populer agar mudah dilihat dan dibagikan.

  • Meningkatkan Traffic Website

Media sosial dimaksudkan untuk menjangkau khalayak yang berbeda dengan cara yang menarik, berguna, dan menghibur dan merujuk pelanggan potensial yang mungkin belum pernah dilibatkan sebelumnya untuk mengenal dan mencoba bisnis Anda.

BACA JUGA:   Memulai Bisnis, Simak Tipsnya

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).