Mulai Digemari, Ini Keuntungan Gunakan Dompet Digital

Tuesday, 21 September 21 Venue

Transaksi non tunai saat ini sudah menjadi pilihan utama bagi sebagian masyarakat Indonesia dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan. Berbagai macam dompet digital pun sudah mulai banyak digunakan sekarang ini.

“Dompet digital menjadi sangat digemari dengan kemudahan yang ditawarkan,” kata Maria Dina Yuliana, Social Media Specialist di EDP, dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (20/9/2021).

Selain itu, lanjut dia, berbagai promosi dilakukan perusahaan penyedia dompet digital. Adanya beberapa perusahaan penyedia dompet digital juga semakin menambah pesat geliat pertumbuhan dompet digital.

Hal ini, kata Maria, semakin menggerus penggunaan transaksi tunai di pasaran. “Masyarakat zaman sekarang yang sudah melek teknologi semakin mendukung perkembangan dompet digital ini,” tuturnya.

Menurut dia, terdapat beragam keuntungan menggunakan dompet digital, di antaranya:

  • Praktis dan efisien
BACA JUGA:   Bahaya Data Pribadi Menyebar

Kemudahan dalam melakukan transaksi menjadi kelebihan paling utama dari penggunaan dompet digital. Di zaman sekarang ini hampir semua orang dari tua sampai muda memiliki smartphone. Hanya dengan menggunakan smartphone saja, sudah bisa bertransaksi tidak perlu lagi membawa dompet tebal.

  • Lebih aman

Bertransaksi menggunakan aplikasi dompet digital juga lebih aman daripada membawa banyak uang tunai di dompet atau tas. Tidak perlu takut lagi dengan adanya pencuri uang bila sudah menggunakan dompet digital. Berbagai fitur keamanan disediakan penyedia aplikasi dompet digital. Semua data yang digunakan dalam membuat akun juga harus diverifikasi terlebih dahulu agar sesuai dengan data dari Dukcapil dan sudah sejalan dengan regulasi dari Bank Indonesia.

  • Banyak diskon dan promo

Salah satu yang menarik minat orang-orang untuk menggunakan aplikasi dompet digital adalah adanya penawaran promo dan diskon yang begitu banyak. Dengan memanfaatkan promo dan diskon yang disediakan oleh aplikasi-aplikasi ini, bisa menghemat anggaran belanja. Bisa membeli makanan dan minuman, tiket bioskop, serta transaksi lainnya dengan mendapatkan potongan diskon dan promo dari aplikasi ini. Karena banyak juga toko-toko yang menawarkan promo atau diskon hanya bila konsumennya bertransaksi dengan dompet digital. Namun bila bertransaksi dengan tunai secara langsung malah tidak ada diskon.

  • Dapat digunakan untuk berbagai transaksi di mana saja
BACA JUGA:   Ragam Manfaat Transaksi Online

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bisa menggunakan dompet digital bahkan untuk membayar tagihan listrik dan air. Jadi tidak harus pergi ke kantor pembayaran listrik dan air lagi. Cukup menggunakan smartphone dari rumah. Belanja online, beli tiket bioskop, pesan makanan dapat dilakukan hanya dengan smartphone. Hanya dengan satu aplikasi, kebutuhan transaksi bisa terlaksanakan.

BACA JUGA:   Bijak Menyikapi Komentar Negatif di Medsos

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).