Perhatikan Hal Ini Sebelum Investasi

Wednesday, 08 September 21 Venue

Saat ini investasi sudah menjadi suatu kebutuhan. Karena keuntungan yang ditawarkan sangatlah besar. Investasi tidak bisa dilepaskan dari keuntungan dan kerugian.

“Dalam berinvestasi pasti memiliki risiko kerugian yang besar. Sehingga sebelum memulai investasi ada baiknya mengenal tentang investasi online dan jenis-jenisnya,” ujar Abu Hanifah, Direktur Prabu Unggul Bersama, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (7/9/2021). Menurut dia, hal itu dilakukan untuk menghindari risiko kerugian yang cukup besar.

Abu Hanifah mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan investasi baik secara online maupun konvensional, yaitu:

  • Memilih Aplikasi Terpercaya

Melakukan investasi online saat ini bisa dilakukan dengan cara mudah hanya melalui smartphone. Namun sebelum melakukan hal tersebut, hendaknya untuk memilih aplikasi untuk investasi secara online yang terpercaya dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

  • Mencari Tahu Kinerja Manajer Investasi
BACA JUGA:   Memilih Investasi dengan Risiko Rendah

Melakukan investasi secara online, mengharuskan melibatkan manajer investasi yang berperan sebagai perantara. Oleh sebab itu, pentingnya untuk mencari tahu kinerja manajer investasi tersebut, guna meminimalisir risiko buruk yang mungkin terjadi.

  • Menentukan Besaran Modal yang akan Diinvestasikan

Setelah mencari tahu kinerja manajer investasi, dan mengunduh aplikasi yang terpercaya. Tidak kalah pentingnya untuk menentukan besaran modal yang diinvestasikan. Hitung terlebih dahulu besaran modal tersebut, serta keuntungan yang akan didapatkan apabila melakukan investasi online. Ingatlah, dalam melakukan investasi yang berisiko tinggi, hindari menggunakan dana darurat apalagi dana yang sebenarnya dialokasikan pada kebutuhan harian Anda.

  • Menghitung Keuntungan dan Kerugian yang akan Didapatkan

Sesuai dengan poin sebelumnya, walaupun dilakukan secara online, sebelum memutuskan untuk melakukan investasi online sebaiknya untuk mempertimbangkan dan mengkalkulasikan potensi besaran keuntungan dan kerugian yang akan didapatkan dengan cara menanam modal tersebut.

  • Lakukan Riset
BACA JUGA:   Generasi Milenial Diminta Bijak Gunakan Medsos

Saat berurusan dengan investasi online, meskipun proses perdagangannya lebih cepat daripada metode lain, Anda tetap perlu melakukan penelitian ekstensif. Penting untuk mengetahui apa yang Anda hadapi karena ini adalah pasar yang bergerak cepat. Anda ingin memastikan terbiasa dengan cara perdagangan berubah dan menggunakan pengetahuan ini untuk melindungi dari masalah yang biasanya dihadapi investor di pasar online.

  • Melihat Perkembangan Harga Saham

Melakukan pembelian saham merupakan salah satu bentuk investasi. Oleh sebab itu, memantau perkembangan saham sangatlah penting agar dapat melihat potensi keuntungan yang akan didapatkan dari investasi tersebut. Dengan demikian, pentingnya untuk mengetahui perkembangan harga saham. Semua fitur tersedia dalam satu aplikasi investasi.

BACA JUGA:   Gawai, Anak, dan Pengawasan Orangtua

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).