Ragam Pilihan Investasi Online

Thursday, 12 August 21 Venue

Saat ini, banyak orang yang sudah lebih mengerti tentang pentingnya investasi terhadap hidup mereka. Banyak orang juga mulai melakukan investasi sejak dini agar lebih sejahtera di masa depan.

“Investasi jika dilakukan dengan benar bisa memberikan untung yang sangat besar,” kata DT Yunanto, Co-Founder AutoSultan Komunitas AutoTrading Forex, dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (10/8/2021).

Apalagi, lanjut dia, sekarang sudah ada investasi online, membuat investasi semakin mudah. “Ada banyak platform online yang menyediakan berbagai jenis layanan investasi,” kata dia.

Seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, investasi bisa dilakukan secara online tanpa perlu bertemu langsung atau bertatap muka. “Dengan adanya banyak pilihan investasi online yang mudah dilakukan, Anda bisa memilih sendiri mana yang sesuai untuk Anda,” kata DT Yunanto. Investasi, lanjut dia, akan bermanfaat di masa depan. Selain bisa digunakan di saat darurat, memiliki investasi juga akan menjamin keuangan.

BACA JUGA:   Menciptakan Budaya Produktif dan Kreatif di Ruang Digital

Berikut beberapa investasi online yang sangat mudah dijalankan, dan memiliki potensi yang baik di masa sekarang, di antaranya:

  • Bisnis Toko Online

Jenis investasi online yang banyak dilakukan dan digemari saat ini salah satunya adalah bisnis toko online. Dengan modal kecil, seorang investor bisa meraih keuntungan besar dari bisnis ini. Seseorang yang menginvestasikan uangnya dalam bisnis toko online tidak akan percuma. Apalagi bisnis ini bisa disandingkan dengan bisnis publisher adsense, publisher iklan, dan jenis bisnis online lainnya.

Jika berminat melakukan investasi di bisnis online, pastikan juga mempelajari beberapa tren pasar dan cara pemasaran produk. Salah satu hal yang juga penting untuk dipelajari adalah branding. Tidak ada yang rugi ketika mempelajari banyak ilmu untuk digunakan sebagai investasi.

  • Investasi Emas Online

Investasi emas merupakan cara populer yang banyak dilakukan orang sejak zaman dahulu hingga sekarang. Investasi dalam bentuk emas memiliki risiko kerugian yang sangat kecil. Hal ini disebabkan harga emas selalu naik setiap tahun. Jarang sekali harga emas mengalami penurunan. Namun investasi emas termasuk investasi jangka panjang. Sehingga baru bisa menuai hasil investasi emas yang berarti setelah beberapa tahun kemudian.

  • Investasi Saham Online
BACA JUGA:   Penggunaan Gawai Pada Anak, Ini Dampak Positif-Negatifnya

Investasi saham secara online menguntungkan untuk dijalankan. Namun, harus memonitor terus perkembangan harga saham tersebut setiap hari. Investasi saham ini sangat cocok untuk sebuah investasi jangka pendek. Namun, yang harus diketahui, meskipun memiliki tingkat keuntungan tinggi, tingkat risiko dan kerugian dalam investasi saham juga cukup besar. Untuk itu, perlu berhati-hati dalam melakukan investasi saham.

  • Reksadana Online

Investasi online berikutnya yang sangat populer dan disukai banyak investor dengan keuntungan menjanjikan adalah reksadana. Di mana kita menyetorkan sejumlah uang kepada manajer investasi. Kemudian, manajer investasi mengelola uang tersebut dengan caranya sendiri seperti menginvestasikan dalam bentuk saham, usaha, pasar uang, dan lain sebagainya. Seiring berjalannya waktu, kita akan mendapatkan keuntungan dari investasi reksadana tanpa harus selalu memantau perkembangan investasi reksadana seperti saham.

BACA JUGA:   Kuasai Skill Ini Agar Omset Penjualan Online Meningkat

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).