Zaman Berganti, Profesi Ini Tetap Banyak Yang Cari

Saturday, 07 August 21 Venue

Beragam profesi banyak dibutuhkan di berbagai sektor. Setiap tahun, ada tren pekerjaan yang dicari dan dibutuhkan banyak perusahaan. Namun, menurut Mocha Ismanu Roziqi, Wakil Ketua II Relawan TIK Tulungagung, ada profesi-profesi yang tetap dibutuhkan meski zaman terus berganti.

“Dengan mempertimbangkan pilihan pekerjaan tersebut, kesempatan untuk bekerja menjadi lebih besar,” ujarnya dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (6/8/2021).

Menurut dia, terdapat beberapa profesi yang bakal tetap dicari, yaitu:

  • Perawat.

Kebutuhan akan tenaga kesehatan, terutama perawat, semakin tinggi. Mengingat pandemi masih berlangsung hingga saat ini, jumlah perawat yang dibutuhkan semakin tinggi. Profesi ini juga masih banyak dibutuhkan bahkan di masa depan.

  • Guru.

Selain perawat, guru juga dibutuhkan. Pendidikan merupakan kunci bagi seseorang untuk sukses. Tidak heran jika guru menjadi ujung tombak yang paling dibutuhkan. Banyak sekolah negeri dan swasta yang membutuhkan guru baru. Selain menguasai materi, guru dituntut untuk bisa berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman.

  • Penasihat keuangan.
BACA JUGA:   Lima Pedoman Cerdas Berinternet

Tidak semua orang bisa mengatur keuangan dengan baik. Karenanya, penasihat keuangan sangat dibutuhkan. Profesi ini dicari tidak hanya oleh perusahaan tetapi juga perorangan. Penasihat keuangan akan membantu merencanakan keuangan baik jangka pendek dan panjang.

  • Web developer.

Setiap perusahaan sekarang memiliki situsnya masing-masing. Agar masyarakat nyaman dalam mengaksesnya, situs harus mudah dan ramah digunakan. Hal tersebut merupakan tugas dari web developer. Mereka membuat, memelihara, serta memperbaiki masalah yang berkaitan dengan suatu situs. Jurusan ilmu komputer dan teknik komputer paling banyak dicari untuk posisi ini.

  • Ahli statistik.
BACA JUGA:   Tips Mengurangi Paparan Pornografi

Ahli statistik akan sangat dibutuhkan di masa depan. Data-data yang dibutuhkan perusahaan akan diolah mereka. Dari data tersebut akan didapatkan kesimpulan serta solusi suatu permasalahan. Bagi yang ingin melamar profesi ini, Anda perlu memiliki pengetahuan yang kuat tentang data dan pengolahannya.

  • Software developer.

Software developer juga merupakan pekerjaan yang banyak dicari. Mereka merancang program baik untuk komputer maupun ponsel pintar. Software developer akan membuat program tersebut senyaman mungkin digunakan oleh pengguna. 

  • Information security analyst.

Jaringan komputer membutuhkan perlindungan dan keamanan agar informasinya tidak bocor. Karenanya, profesi information security analyst akan banyak dibutuhkan di dunia kerja. Perusahaan membutuhkan profesi ini agar rahasia perusahaan tetap terjaga.

BACA JUGA:   Menghasilkan Uang Melalui Instagram

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).