10 Paket Wisata ke Danau Toba Diluncurkan di ITB Asia 2017

Thursday, 26 October 17   68 Views   0 Comments   Harry Purnama
Badan Otoritas Pariwisata Danau Toba

Badan Otoritas Pariwisata Danau Toba semakin gencar mempromosikan Danau Toba. Di ITB Asia 2017 Singapura yang berlangsung pada 25-27 Oktober 2017, Badan Otoritas Pariwisata Danau Toba akan menampilkan keindahan Danau Toba untuk menggaet wisatawan mancanegara.

Pada ITB Asia 2017, Badan Otoritas Pariwisata Danau Toba akan masif berpromosi, mulai dari menjaring investor hingga bekerja sama dengan berbagai perusahaan perjalanan. Tujuannya adalah untuk mendatangkan wisatawan mancanegara sebanyak-banyaknya ke Danau Toba.

“Dengan dukungan Kementerian Pariwisata, acara ini akan dimanfaatkan sebagai ajang peluncuran paket-paket wisata ke Danau Toba. Industri pariwisata, korporasi, dan MICE ikut dilibatkan. Mimpi besarnya adalah menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata bertaraf internasional,” ujar Arie Prasetyo, Direktur Utama Badan Otoritas Pariwisata Danau Toba.

Di Singapura, Badan Otoritas Pariwisata Danau Toba sudah menyiapkan 10 paket wisata promosi untuk para wisatawan mancanegara. Paket wisata ini akan memanfaatkan Bandara Internasional Silangit sebagai pintu masuk dan keluar bagi wisatawan asing.

Paket wisata yang ditawarkan sangat murah, mulai dari SG$298 atau setara Rp3 juta wisatawan sudah bisa menikmati paket 3 hari 2 malam. Harga tersebut sudah termasuk tiket pesawat, akomodasi, makan, dan atraksi.

Paket lainnya adalah 4 hari 3 malam. Di sini wisman dipastikan akan menikmati keindahan alam serta budaya Danau Toba yang dikemas secara apik dan profesional. Semua paket wisata tersebut akan dikawal oleh biro perjalanan yang telah berpengalaman.

“Ke-10 paket wisata promosi ini akan mulai dilaksanakan pada 28 Oktober 2017, bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda. Harapannya ini menjadi momen tepat bersamaan dengan peresmian Bandara Silangit menjadi bandara internasional,” ujar Arie Prasetyo.

Arie Prasetyo menambahkan, untuk menyukseskan hal ini, pihaknya juga menggandeng Garuda Indonesia, Angkasa Pura II, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, delapan Pemerintah Kabupaten di Kawasan Danau Toba, BUMN, dan komunitas masyarakat.

“Garuda Indonesia sebagai maskapai nasional akan menjadi pionir dalam membuka jalur penerbangan langsung Singapura-Silangit yang akan dipadukan dengan 10 paket wisata promosi Danau Toba,” ujar Arie Prasetyo.

I Gde Pitana, Deputi Bidang Pemasaran Mancanegara Kementerian Pariwisata, mengatakan, selama puluhan tahun Singapura adalah pasar utama Indonesia. Hingga 2015, sumbangsih kunjungan wismannya selalu paling besar, sebelum akhirnya disalip Cina pada semester II tahun 2016.

“Kita akan tampil all out di ITB Singapura, termasuk memasarkan Danau Toba. Forum Business to Business (B to B) ini akan tetap menjadi prioritas kegiatan selling kami,” ujar Pitana.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, dengan adanya penerbangan internasional dari Singapura, diharapkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Danau Toba semakin bertambah. Apalagi, Bandara Changi di Singapura merupakan hub internasional yang memungkinkan wisatawan dari negara lain terbang ke Danau Toba.

“Setelah kita dapat dari Singapura, kita bisa dapat dari mana-mana. Karena Singapura itu sebagai hub, semua orang datang ke sana. Jadi, memang kita harus mengejar ke sana,” kata Arief Yahya.