Akhirnya, Struktur Baru Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Diumumkan

Wednesday, 05 February 20 Bonita Ningsih

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio melantik pejabat Pimpinan Tinggi Madya (Eselon I) dan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) Kemenparekraf yang baru pada Rabu malam (5/2/2020) di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kemenparekraf.

Pembentukan organisasi baru ini sesuai dengan Instruksi Presiden yang diterbitkan melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 96 Tahun 2019 tentang Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Perpres Nomor 97 Tahun 2019 tentang Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Para pejabat yang baru dilantik akan menempati posisi baru dalam organisasi Kemenparekraf/Baparekraf yang baru terbentuk sebagai hasil penggabungan dari Kementerian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif.

Wishnutama mengatakan, pelantikan pejabat tinggi eselon satu dan dua ini merupakan bagian dari penataan struktur organisasi baru di Kemenparekraf/Baparekraf. Mereka diminta untuk mengembangkan peranan pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai sektor andalan penghasil devisa negara serta menciptakan lapangan kerja yang luas untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Wishnutama menjelaskan, pembentukan organisasi baru ini membutuhkan waktu yang panjang sekitar tiga bulan. Lamanya waktu tersebut digunakan Wishnutama untuk menata organisasi baru yang seefisien mungkin serta menetapkan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) di masing-masing satuan kerja agar berfungsi secara optimal.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, struktur organisasi baru di Kemenparekraf/Baparekraf ini telah dikaji sebaik mungkin agar dapat diimplementasikan secara tepat dan saling menguatkan. Sistem pemilihannya juga dipikirkan sebaik mungkin agar peran strategis Kemenpar dan Bekraf berjalan optimal.

“Saya berterima kasih juga dengan tim pansel sehingga seleksi ini dapat berlangsung dengan lancar sesuai dengan aturan dan Undang-Undang yang berlaku,” ujar Wishnutama.

Dalam struktur baru organisasi Kemenparekraf yang dipimpin Menteri dan Wakil Menteri ini menempatkan enam pejabat eselon satu yang terdiri dari Sekretaris Kementerian, Staf Ahli Bidang Reformasi dan Regulasi, Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan dan Konservasi, Staf Ahli Bidang Pengembangan Usaha, Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas, dan Staf Ahli Bidang Manajemen Krisis.

Sementara itu, struktur baru organisasi di Baparekraf yang dipimpin oleh Menteri dan Wakil Menteri ini menempatkan sembilan pejabat eselon satu, yaitu Sekretariat Utama, Inspektor Utama, Deputi Bidang Kebijakan Strategis, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Deputi Bidang Industri dan Investasi, Deputi Bidang Pemasaran, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events), dan Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produktif Kreatif.

Di akhir kata, Menteri Wishunatama mengungkapkan rasa terima kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada mantan pejabat yang telah menyelesaikan dan pengabdian saat menjalankan tugasnya. Sementara itu, ia berharap untuk pejabat yang terpilih dapat melaksanakan tugasnya sebaik mungkin.