Bali International Football Championship Geliatkan Sport Tourism di Bali

Thursday, 06 December 18 Nila Sofianty
Bali International Football Championship

Kementerian Pemuda dan Olahraga menggelar event olahraga Bali International Football Championship (IFC) U-15 Menpora Cup dan kali perdana digelar di Indonesia. Sembilan negara yang tampil di antaranya berasal dari Konfederasi Asia (AFC), yakni dari Cina, Australia, Jepang, Korea Selatan, Filipina, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Indonesia.

Raden Isnanta, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga, mengatakan, Bali IFC U-15 merupakan event internasional perdana yang diselenggarakan di Indonesia selain perhelatan yang diselenggarakan oleh federasi.

“Melalui event ini, kami ingin mem-branding Bali yang identik dengan pariwisata di bidang budaya, alam, dan pariwisata. Namun, sekarang akan digali lewat sektor olahraga. Wisatawan asing datang ke Indonesia karena sepak bola,” ujar Isnanta.

“Yang utama, BIFC ini memberi pengalaman para pemain Indonesia untuk menghadapi tim luar. Selain itu, untuk mendongkrak pariwisata Tanah Air, khususnya Bali. Bali IFC ini kan termasuk sport tourism,” ujar Raden Isnanta.

Bali IFC diselenggarakan pada 1-10 Desember 2018 dan diikuti 12 tim dari 9 negara, di mana Indonesia mengirimkan tiga tim. Tim Indonesia yang turun dalam kejuaraan internasional U-15 pertama yang digelar non federasi ini merupakan tim juara Piala Menpora U-14. Adapun tim asingnya adalah Jepang (Progresso Sano FC), Cina (Hubei FA), Australia (Western Football), Korea Selatan (Busan Football Academy dan Gyeongnam Changnyeong SC), Filipina (Apuesto Bueno United FC), Thailand (Cruzeiro Academy Asia), Malaysia (Felda United FC), dan Singapura (Sporting CF SA).

Isnanta melanjutkan, di Indonesia momentum ini harus dimanfaatkan sebagai pematangan atlet di usia muda agar di tingkat senior nanti sudah terlatih dari berbagai kondisi, baik postur, pola permainan, dan lainnya.