Bali Menduduki Peringkat Dua Sebagai Destinasi Terpopuler Dunia

Wednesday, 25 January 23 Bonita Ningsih
desa wisata penglipuran bali

Pariwisata Indonesia kembali berkumandang di dunia melalui penghargaan yang diterima Bali dari situs perjalanan TripAdvisor. Kali ini, Bali memperoleh penghargaan TripAdvisor dalam kategori Travelers Choice Award for Destinations dan menobatkannya sebagai destinasi populer kedua di dunia pada tahun 2023.

“Lagi lagi, Bali melakukan sebuah terobosan terbaru melalui penghargaan dari TripAdvisor ini. Dengan penghargaan ini, Bali berhasil mengalahkan London dan Paris dalam Travelers Choice Award for Destinations yang saat ini berada di posisi ketiga dan lima,” ungkap Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dalam “The Weekly Brief With Sandi Uno” secara hybrid pada 24 Januari 2023.

BACA JUGA:   Poltekpar Siap Ciptakan SDM Pariwisata yang Berdaya Saing Internasional

Melalui penghargaan ini, Bali berhasil naik dua peringkat yang sebelumnya masih berada di posisi keempat dalam Travelers Choice Award for Destinations. Menurut Sandiaga, Bali berhasil memenuhi indikator penilaian yang diberikan TripAdvisor sehingga berhasil menempati peringkat kedua dalam Travelers’ Choice Award for Destinations.

Sandiaga menjelaskan beberapa indikator yang telah dipenuhi Bali berdasarkan pada kualitas dan kuantitas ulasan selama periode November 2021 hingga November 2022. Selain peringkat global, Bali juga berhasil menjadi pemenang dalam subkategori akomodasi, restoran, dan hal menarik lainnya yang bisa dilakukan di tempat wisata.

“Makanya, sejak dulu saya tidak mau ada ulasan negatif tentang Bali. Selama ini kita sudah gerak cepat dan hasilnya memuaskan seperti ini,” Sandiaga menambahkan.

BACA JUGA:   Tarsus Indonesia Hadirkan Tiga Acara Baru

Prestasi ini menjadikan Bali sebagai sebuah destinasi terbaik dan juga pengumpan bagi 5 Destinasi Super Prioritas (DSP) lainnya. Dengan demikian, Sandiaga berharap agar lima tahun mendatang ada salah satu dari 5 DSP yang dapat menembus 10 besar sebagai destinasi terpopuler di dunia versi TripAdvisor. 

“Ini menjadi prestasi yang patut kita syukuri dan saya berharap Bali bisa menjadi peringkat pertama di tahun-tahun berikutnya. Semoga juga ke depannya ada destinasi lainnya di Indonesia yang dapat berkembang seperti Bali,” ucapnya lagi.

Sandiaga menyebutkan peringkat 10 teratas kategori destinasi terpopuler di dunia versi TripAdvisor pada tahun 2023. Peringkat pertama ditempati oleh Dubai, Uni Emirat Arab kemudian disusul Bali, London, Roma, Paris. Kemudian ada Cancun di Mexico, Crete di Yunani, Marrakech di Maroko, Dominican Republic, serta Istanbul Turki.

BACA JUGA:   Wisatawan Sepi, Hong Kong Siap Sasar MICE

“Jadi, masyarakat kalau mau healing tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri karena Bali juga sudah menjadi destinasi terpopuler tahun ini,” katanya.