Batik Air Membuka Rute Penerbangan Jakarta ke Labuan Bajo

Friday, 22 December 17 Ahmad Baihaki
Batik Air

Maskapai Batik Air yang berada di bawah naungan Lion Air Group kembali melebarkan sayapnya ke Timur Indonesia dengan melakukan pembukaan rute baru ke Labuan Bajo pada 15 Desember 2017. Batik Air memiliki misi untuk merealisasikan pengembangan rute demi mempermudah konektivitas di salah satu tujuan 10 destinasi prioritas.

Judi Rifajantoro, Staf Khusus Menteri Bidang Infrastruktur Pariwisata Kementerian Pariwisata, mengatakan, maskapai Batik Air menerbangkan armadanya dari Jakarta melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju Labuan Bajo melalui Bandara Komodo, Nusa Tenggara Timur, dan sebaliknya.

Penerbangan Batik Air melayani satu kali penerbangan per harinya dengan jadwal keberangkatan dari Jakarta pukul 10.10 WIB dan tiba di Labuan Bajo pada pukul 13.40 WITA. Sedangkan penerbangan dari Bandara Komodo akan diberangkatkan pada pukul 14.30 WITA dan tiba di Jakarta pada pukul 16.00 WIB.

“Ini membuat Labuan Bajo dengan ikon Komodo-nya semakin terbuka,” kata Judi.

Pada rute penerbangan barunya tersebut Batik Air akan menggunakan pesawat Airbus A320 yang mampu mengangkut 12 penumpang kelas bisnis dan 144 penumpang kelas ekonomi. ”Kami mematok target load factor (keterisian penumpang) mencapai 80 persen pada destinasi menuju Labuan Bajo ini,” kata Ramaditya Handoko, Corporate Communication Lion Air Group.

Setiap penerbangan Batik Air menuju Labuan Bajo dapat menikmati fasilitas in flight entertainment berupa film, musik, dan permainan, serta mendapatkan hidangan makan dan minum, baik untuk kelas bisnis maupun ekonomi, dengan konfigurasi jarak kursi yang lebih lega sambil menikmati keindahan Labuan Bajo dari udara.

“Kami berharap dengan langsung terhubungnya Jakarta menuju Labuan Bajo akan semakin mendongkrak pertumbuhan ekonomi, baik dari sisi pariwisata maupun pengembangan bisnis lainnya, yang dapat berkembang pesat karena daya tarik obyek wisatanya yang eksotis dan tersebar di setiap penjuru,” ujar Ramaditya.

Selain Batik Air, adapun maskapai Lion Air Group lainnya yang telah beroperasi di Bandara Komodo, Labuan Bajo, adalah Wings Air yang telah melayani beberapa penerbangan dari dan menuju Labuan Bajo, seperti menuju Denpasar, Ende, Bajawa, dan Kupang yang dapat menjadi alternatif dalam pelayanan rute penerbangan lainnya.

“Dengan kemudahan akses transportasi ini, kita harapkan Pulau Komodo akan semakin dibanjiri wisatawan. Karena aksesibilitas udara adalah hal penting yang harus dituntaskan. Visi mendatangkan 20 juta wisman hanya sekadar mimpi belaka jika kita tidak mampu menyelesaikan masalah aksesibilitas udara di tahun 2017,” ujar Judi.