Canon Luncurkan Dua Kamera EOS R Terbaru 

Wednesday, 24 August 22 Erwin Gumilar
Canon

Canon kembali perkenalkan kamera keluaran terbarunya, yakni EOS R7 dan EOS R10. Kamera dengan sensor APS-C tersebut akan diluncurkan pada 25 Agustus 2022. Berbeda dengan seri EOS R sebelumnya yang membenamkan sensor full frame, Canon EOS R7 dan EOS R10 merupakan kamera mirrorless pertama dari series EOS R yang menggunakan sensor gambar APS-C.  Mengusung tema boundless agility, Canon ingin memperkenalkan fitur kedua kamera tersebut yang dapat menangkap momen yang cepat tanpa harus kehilangan fokus.

“Hadirnya dua kamera dan lensa kit RF-S ini menjadi pilihan bagi para fotografer dan videografer yang ingin mendapatkan kualitas gambar dan teknologi tinggi khas EOS R System, dengan desain yang lebih ringkas dan harga yang lebih terjangkau,” kata Monica Aryasetiawan, Canon Business Unit Director PT Datascrip dalam pre-launching di Lavva, Jakarta, (24/8).

Dibekali teknologi sensor CMOS APS-C dan prosesor DIGIC X, EOS R7 dan R10 merupakan kamera Canon pertama yang mewarisi teknologi AutoFocus (AF) dari EOS R3, yaitu EOS iTR AF X. Teknologi tersebut dimanfaatkan untuk mendeteksi subjek berbasis deep-learning yang secara otomatis mendeteksi dan melacak subjek dengan menganalisis data gambar subjek, seperti rona, warna dan bentuk subjek.

BACA JUGA:   Conventions India Conclave Ke-8 Diadakan Di Greater Noida

Dipadukan dengan teknologi Dual Pixel CMOS AF II, kamera ini dapat menciptakan fokus otomatis yang sangat cepat, responsif, akurat, bahkan untuk subjek yang bergerak. Kedua kamera ini dapat melakukan pemotretan beruntun dengan kecepatan tinggi hingga 15 fps (frame per second) dalam mode mekanik. Kecepatan ini setara dengan EOS-1D Mark III sebagai kamera DSLR andalan Canon yang dapat memotret hingga 16 fps.

Pada mode electronic shutter, EOS R7 dapat memotret secara beruntun dengan kecepatan 30 fps pada resolusi 32,5 megapiksel. Sedangkan EOS R10 memiliki kecepatan hingga 23 fps pada resolusi penuh 24,2 megapiksel.

BACA JUGA:   Traveloka Hadirkan Asuransi Jiwa dan Kesehatan dengan Harga Terjangkau

Sedangkan untuk pembuatan konten video, Canon menghadirkan fitur baru pada EOS R7, yaitu 4K UHD Fine yang dapat menghasilkan video 4K UHD 30p dengan oversampling dari format 7K. Bahkan untuk format 4k 60p, EOS R7 memiliki format uncropped yang bisa dilakukan pada mode standar 4K UHD.

EOS R7 juga dilengkapi dengan fitur Canon Log 3, yang berguna untuk fleksibilitas gradasi warna dan produksi video HDR. Tidak hanya itu, APS-C pada EOS R7 dilengkapi dengan teknologi 5-axis In-Body IS (Image Stabilizer) yang dapat membantu fotografer menjaga kestabilan gambar hingga 8 stop selama perekaman video dan foto.

Untuk melengkapi dua kamera anyar tersebut, Canon juga menghadirkan dua lensa baru, yakni RF-S18-45mm f/ 4.5-6.3 IS STM dan RF S18-150mm f/3.5-6.3 IS STM yang akan mengoptimalkan keunggulan mobilitas kamera APS-C.

BACA JUGA:   Vaksinasi Tahap Kedua Segera Dibuka, Menparekraf Minta Siapkan Data

Dengan fitur yang lebih lengkap, EOS R7 dibanderol dengan harga Rp25.170.000 untuk body kamera saja. Sedangkan EOS R10 dijual dengan harga Rp16.620.000 untuk body kamera saja.

Untuk paket yang lebih hemat, Datascrip menjual paket kamera plus lensa EOS R7 ditambah lensa RF-S18-150mm f/3.5-6.3 IS STM dengan harga Rp31.220.000. Sedangkan EOS R10 dengan lensa yang sama dijual dengan harga Rp23.160.000.