Deraya Flying School Kembali Cetak Pilot Baru

Friday, 22 March 19 Harry Purnama
Deraya Flying School

Bertambahnya pembukaan bandara di Indonesia serta semakin banyaknya rute-rute penerbangan baru membuat maskapai penerbangan membutuhkan SDM-SDM baru untuk mengisi berbagai posisi, khususnya sebagai pilot. Untuk itu, Deraya Flying School (DFS) untuk kesekian kalinya kembali menyelenggarakan upacara wisuda para kadetnya pada 21 Maret 2019. Acara yang digelar di Graha Dirgantara, Jakarta Timur, ini menghadirkan 25 wisudawan yang berasal dari Batch XIV, XV, dan Batch XVI.

Batch XIV, XV dan Batch XVI memulai pendidikan di Deraya Flying School dengan selisih waktu enam bulan, dan selisih waktu selesai pendidikannya pun tidak terlalu jauh. Hal ini juga yang menjadi alasan ketiga batch tersebut digabungkan dalam satu seremoni wisuda. Dari 25 calon pilot baru tadi, ada tiga orang calon pilot putri.

Captain Suparno Muanam, Kepala Sekolah Deraya Flying School, mengatakan bahwa tugas para wisudawan belum selesai karena masih banyak tugas-tugas yang menanti di depan, di antaranya adalah lebih giat lagi dalam meningkatkan kemampuan dan rajin mengumpulkan informasi seputar perkembangan teknologi pesawat terbang.

“Seiring dengan didatangkan banyak pesawat, operator-operator penerbangan membutuhkan banyak pilot. Tapi tentunya pilot-pilot yang berkualitaslah yang akan dipilih. Karena itulah para wisudawan harus mengembangkan diri lagi agar bisa memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan maskapai yang bersangkutan,” ujar Captain Suparno.

Dalam upacara wisuda ini, Deraya Flying School  urut mengundang Direktur Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara, Direktur Navigasi Penerbangan, Kepala Sub. Direktorat Operasi Pesawat Udara, Direktur Operasi Airlines, Owner PT Deraya (Boediharjo Sastrohadiwirjo), Founder PT Deraya (Siti Rahayu Sumadi), Direktur Utama PT Deraya (Leo Budi Pangarso), Direktur PT Deraya (Atty Boedimilyarti), para petinggi perusahaan, organisasi, dan institusi yang berkaitan, keluarga wisudawan, serta media.

Deraya Flying School merupakan sekolah pilot swasta pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1972 atas prakarsa Siti Rahayu Sumadi dari Boediharjo Group. Dengan pengalaman selama 46 tahun, Deraya Flying School telah melahirkan banyak pilot andal yang telah bekerja di berbagai maskapai penerbangan, baik dalam maupun luar negeri.