Dyandra Media International Ekspansi ke Industri Tourism Leisure

Wednesday, 22 January 20 Harry Purnama
Mitra Natura Raya
Ecodome, salah satu wahana di Kebun Raya Bogor.

PT Dyandra Media International, Tbk. (Dyandra), perusahaan induk (holding) dengan kode saham DYAN yang membawahi 26 perusahaan dan bergerak di industri Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition (MICE) melakukan ekspansi bisnis ke industri tourism leisure melalui unit bisnis baru: PT Mitra Natura Raya. PT Mitra Natura Raya mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam mengelola empat kebun raya, yaitu Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas di Jawa Barat, Kebun Raya Purwodadi di Jawa Timur, dan Kebun Raya Eka Karya Bali (Bedugul) di Bali.

Adapun definisi kebun raya adalah kawasan konservasi tumbuhan secara ex situ yang memiliki koleksi tumbuhan terdokumentasi dan ditata berdasarkan pola klasifikasi taksonomi, bioregion, tematik atau kombinasi dari pola-pola tersebut untuk tujuan kegiatan konservasi, penelitian, pendidikan, wisata dan jasa lingkungan (Peraturan Presiden Nomor 93 Tahun 2011 pasal 1).

Dengan adanya kerja sama ini diharapkan upaya peningkatan pelayanan dan fungsi Kebun Raya kepada publik lebih baik. Adapun upaya peningkatan itu melalui perbaikan dan peningkatan fasilitas infrastruktur dan non-infrastruktur. Harapannya, kebun raya semakin menarik dikunjungi sebagai tempat rekreasi sekaligus memberi manfaat dari sisi edukasi dan konservasi.

Maryamto Sunu, Corporate Secretary PT Dyandra Media International, Tbk., berharap ekspansi bisnis ini dapat meningkatkan kinerja perusahaan dan tecermin pada laporan keuangan DYAN. Selain memperkuat bisnis yang telah ada, sebenarnya sektor tourism leisure ini bukan merupakan hal yang baru karena di tahun 2019 yang lalu DYAN juga melakukan penyertaan pada PT Eco Partners Indonesia melalui sub-holding company PT Dyandra Promosindo pada bisnis kebun binatang Faunaland di Ancol.