EOS 1D X Mark III, Rajanya Segala Kamera

Monday, 24 February 20 Harry Purnama
EOS 1D X Mark III

Pada 20 Februari 2020, PT Datascrip sebagai distributor tunggal Canon di Indonesia meluncurkan kamera DSLR full-frame teranyarnya, yaitu EOS 1D X Mark III. Dengan segala teknologi terbaru dan tercanggih yang dimilikinya, kamera ini digadang-gadang menjadi kelas tertinggi dari seluruh kamera DSLR Canon tipe EOS.

Dengan menggunakan prosesor gambar terbaru DIGIC X dan sensor CMOS full-frame 20,1 megapiksel, kamera ini menjadi dambaan bagi para fotografer aksi cepat, seperti fotografi olahraga, satwa liar, jurnalistik, hingga fotografi ekstrem yang membutuhkan perangkat tangguh.

Teknologi yang disematkan pada Canon EOS 1D X Mark III antara lain fitur perekaman video 5.5K RAW internal, pengambilan gambar secara continuous dengan kecepatan 16 fps pada pemotretan melalui viewfinder dan 20 fps pada mode Live View dengan mode RAW dan RAW + JPEG serta AF/AE tracking, sensor AF yang lebih cepat 40x dari generasi sebelumnya, 191 titik AF yang mendukung bukaan lensa hingga f/8, Dual Pixel CMOS AF, Head Detection AF, serta format baru penyimpanan gambar, yaitu HDR PQ HEIF standar perekaman 10-bit untuk foto.

Canon EOS 1D X Mark III dilengkapi dengan slot kartu CFexpress ganda (dual slot). CFexpress merupakan teknologi baru yang berguna untuk transfer data berkecepatan tinggi hingga 2GB/detik. Dengan media penyimpanan ini memungkinkan pengambilan gambar secara burst hingga 1.000 gambar lebih dalam format RAW atau RAW+JPEG dengan kecepatan tercepat pada mode continuous dan perekaman video 4K berkualitas tinggi.

Merry Harun, Canon Division Director PT Datascrip, mengatakan, kamera ini akan menjadi flagship.

“Momen dan ekspresi adalah dua hal yang penting dalam foto. Kamera ini diharapkan membantu fotografer untuk menampilkan karya-karya yang terbaik karena momen dan ekspresi adalah segalanya,” ujar Merry.

“Kehadiran Canon EOS 1D X Mark III menjadi jawaban dari penantian fotografer profesional yang mendambakan kamera dengan kualitas gambar, kecepatan, dan daya tahan di atas rata-rata. Konsistensi pengembangan teknologi sistem EOS mulai dari tingkat pemula hingga kelas pro seperti Canon EOS 1D X Mark III ini menjadi bukti Canon terus menghadirkan produk-produk berkualitas tinggi,” ujar Sintra Wong, Assistant Director Canon Marketing Division PT Datascrip.

Canon EOS 1D X Mark III dipasarkan dengan harga Rp110.000.000 (body only).