Epson Indonesia Rayakan Ulang Tahun dengan Menanam Mangrove

Tuesday, 03 November 20 Bonita Ningsih
Epson Indonesia

Dalam rangka memperingati ulang tahun ke-20, Epson Indonesia melakukan berbagai hal, seperti meluncurkan produk baru dan melakukan program Corporate Social Responsibility (CSR). Produk terbaru yang telah diluncurkan berasal dari dua kategori, yaitu InkTank System Printer dan Business InkJet Printer dengan fitur dan teknologi ramah lingkungan.

Sementara itu, program CSR yang telah dilakukan ialah menanam lebih 1.000 bibit mangrove di Mempawah Mangrove Park, Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir, Kalimantan Barat. Penanaman bibit mangrove ini menjadi program keberlanjutan yang sebelumnya telah dilakukan hal serupa di Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Jakarta Utara. Kala itu, Epson Indonesia telah berhasil menanam lebih dari 200 bibit mangrove.

BACA JUGA:   Epson Media Gathering FY22 Pilih Yogyakarta Sebagai Tujuan Destinasi

Dalam hal ini, Epson Indonesia mengajak beberapa rekan bisnisnya di Pontianak untuk berpartisipasi dalam menjaga lingkungannya. Selain itu, Epson Indonesia juga mengajak beberapa sekolah di daerah Mempawah untuk ikut menanam mangrove di daerahnya.

Dipilihnya tanaman mangrove sebagai salah satu program CSR Epson Indonesia karena dinilai penting untuk ekosistem lingkungan. M. Husni Nurdin, Head of Finance & Corporate Service PT Epson Indonesia, mengatakan, tanaman tersebut memiliki banyak manfaat bagi manusia dan juga satwa di sekitarnya.

BACA JUGA:   PT Mitra Natura Raya Siapkan Sejumlah Program untuk Kelola Kebun Raya

“Upaya ini kami lakukan sebagai bentuk visi perusahaan tahun 2050 untuk mengurangi emisi karbon besar sampai kecil pada seluruh proses kegiatan Epson di seluruh dunia,” ujar Husni.

Program CSR yang saat ini dilakukan Epson difokuskan untuk kepedulian dan pelestarian lingkungan. Padahal, sebelumnya CSR Epson selalu berpusat pada pengentasan kemiskinan di setiap negara tempat Epson bernaung.

Kendati demikian, seluruh kegiatan CSR yang dilakukan Epson selaras dengan program Sustainable Development Goals (SDG) dari PBB. Dalam program tersebut ditetapkan beberapa fokus, antara lain pengentasan kemiskinan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, dan pelestarian lingkungan.

BACA JUGA:   Dukung Industri Lokal, Epson Tingkatkan Produk Bersertifikat TKDN

“Oleh karena itu, Epson ikut berkomitmen untuk berkontribusi dalam program tersebut,” ungkap Husni lagi.

Epson Indonesia sendiri sebelumnya telah melakukan beberapa kegiatan CSR yang berfokus pada dunia pendidikan serta santunan ke panti asuhan. Pihaknya telah memberikan beberapa produk printer dan juga proyektor untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar.