Hong Kong Tourism Board Luncurkan Kampanye Pariwisata Baru Untuk Gaet Wisatawan Indonesia

Thursday, 22 September 22 Bonita Ningsih

Pandemi COVID-19 memberikan dampak negatif terhadap industri, terutama pariwisata. Salah satu negara yang merasakan dampak tersebut adalah Hong Kong karena selama kurang lebih tiga tahun ini masih membatasi perjalanan internasionalnya. 

Kendati demikian, Hong Kong Tourism Board (HKTB) terus melakukan sejumlah upaya untuk mempercepat pemulihan industri pariwisata di negaranya. Salah satu hal yang tengah dilakukan HKTB adalah dengan membuat berbagai kampanye pariwisata untuk wisatawan internasional.

“Situasi pandemi ini membuat banyak orang untuk tidak berkunjung ke Hong Kong. Makanya, saat ini kami mulai gencar melakukan banyak kampanye, salah satunya untuk market di Indonesia,” ungkap Fajar Intan, Manager Trade Representative HKTB Indonesia saat menggelar acara bersama media di Jakarta, pada 22 September 2022. 

Kampanye terbaru yang tengah dilakukan HKTB mengambil tajuk “360 Hong Kong Moments: Petualangan Baru Setiap Saat” yaitu memperkenalkan destinasi wisata baru di Hong Kong. Kampanye ini dipersembahkan untuk wisatawan Indonesia yang ingin menciptakan pengalaman baru saat kembali berkunjung ke Hong Kong. 

“Hong Kong merupakan salah satu destinasi utama yang dipilih oleh wisatawan Indonesia, oleh sebabnya kami meluncurkan kampanye ini. Diharapkan agar kampanye ini dapat menjaga Hong Kong untuk menjadi destinasi wisata pertama bagi wisatawan Indonesia,” kata Regional Director Southeast Asia HKTB, Raymond Chan, pada kesempatan yang sama.

Melalui kampanye ini, Hong Kong juga telah memperbarui atraksi ikonik dan meluncurkan atraksi baru dalam tiga tahun terakhir. Oleh sebabnya, kampanye ini diharapkan dapat mendorong masyarakat Indonesia untuk dapat menjelajahi berbagai macam atraksi dan pengalaman baru sesuai minatnya.

“Kembalinya perjalanan ke Hong Kong sangat dinanti karena kota ini terus menggairahkan dan menginspirasi para wisatawan. Kami memperdalam keterlibatan kami dengan Hong Kong Super Fans dan mitra kami di Indonesia untuk mempersiapkan pembukaan kembali kota pada akhirnya,” ucap Raymond lagi. 

Secara khusus, “360 Hong Kong Moments: Petualangan Baru Setiap Saat” memperkenalkan empat kategori pengalaman wisata baru bagi masyarakat Indonesia. Empat kategori tersebut mencakup seni & budaya, belanja, bersantap & menginap, jelajah & atraksi, serta luar ruang seru.

Untuk memaksimalkan kampanye tersebut, HKTB, mengajak sejumlah travel blogger, media, hingga influencer agar dapat menyebarluaskan pengalaman wisata baru tersebut di Indonesia. Kampanye ini juga dijadikan platform atau wadah khusus bagi HKTB dalam mempromosikan pariwisata Hong Kong ke Indonesia.

“Kami harap masyarakat Indonesia dapat mengetahui banyak informasi terbaru mengenai atraksi dan destinasi di Hong Kong melalui kampanye ini. Semoga ke depannya setelah karantina dilonggarkan, akan semakin banyak wisatawan yang datang ke Hong Kong,” ujarnya.

Seperti diketahui, saat ini Hong Kong masih menerapkan karantina dengan sistem 3+4 hari bagi para pendatang dari luar negeri. Artinya, mereka harus mengikuti karantina selama tiga hari di hotel yang ditetapkan pemerintah Hong Kong dan empat hari berikutnya di rumah atau tempat lainnya. Tentunya, dengan pengawasan yang ketat dan mengikuti protokol kesehatan berlaku.