IVENDO Siapkan Program Untuk Sandiaga Uno

Tuesday, 19 January 21 Bonita Ningsih
menteri pariwisata sandiaga uno

Di awal kepemimpinan Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), para pelaku usaha pariwisata berlomba menawarkan program-program terbaiknya untuk kemajuan industrinya. Salah satu yang ingin melakukan hal tersebut ialah IVENDO (Indonesia Event Industry Council), sebuah asosiasi yang diisi oleh komunitas industri event dan MICE Indonesia.

Mulkan Kamaludin, Ketua Umum IVENDO, mengatakan bahwa saat ini IVENDO sedang menunggu waktu pertemuan dengan Sandiaga. Berbagai hal akan diutarakan Mulkan terkait program yang akan dilakukan bersama untuk membangkitkan industri pariwisata, khususnya event.

“Kita ingin ada forum tatap muka atau online untuk memberikan paparan program tersebut. Ini kita lakukan karena kita ini masih meraba-raba kebijakan apa yang akan dikeluarkan Pak Menteri untuk industri event,” ungkap Mulkan.

BACA JUGA:   IVENDO Menggalang Dana untuk Korban Bencana di Palu dan Donggala

Sebelumnya, Sandiaga Uno telah berkomitmen untuk menjadikan tahun 2021 sebagai langkah awal kebangkitan pariwisata Indonesia. Dalam hal ini, Menparekraf akan memulainya dengan tiga aspek utama, yaitu inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

“Kami sudah mendengar kabar tersebut dari media-media, dan kami semua sangat setuju dengan program inti dari Kemenparekraf ini. Tetapi, memang harus dibarengi dengan masukan-masukan dari pelaku terkait di dalamnya,” ujar Mulkan.

BACA JUGA:   Visa Wisata Ke London Diperpanjang Hingga 2 Tahun

Menurut Mulkan, hal utama yang harus dilakukan Sandiaga ialah meningkatkan kesadaran banyak pihak terkait implementasi protokol Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE). Dengan begitu, kepercayaan pelaku event dalam menggelar kegiatan fisik pun akan semakin meningkat.

“Itu yang harus jadi titik berat atau fokus Menparekraf di awal, yakni meningkatkan kepercayaan semua stakeholder bidang event. Kalau itu sudah berjalan dengan baik, otomatis program inovasi dan kolaborasinya akan jalan juga,” kata Mulkan.

Selain itu, beragam ide dan gagasan lainnya juga akan disampaikan kepada Sandiaga saat forum diskusi terbentuk. Beberapa ide yang akan ditawarkan IVENDO di antaranya membuat sistem pengawasan penerapan protokol CHSE hingga pemberian pelatihan bagi pelaku usaha di bidang event.

“Sekarang kita sedang menunggu kapan diberi waktu oleh pemerintah untuk menyampaikan ide, gagasan, dan masukan secara komprehensif. Kita sudah siapkan bahannya, tinggal menunggu jadwal kapan pastinya saja,” ujar Mulkan.