JTF Beri Bantuan Kepada Tim Medis Corona

Saturday, 04 April 20 Bayu Hari

Jakarta Tourism Forum (JTF) memberikan bantuan kepada Tim Medis JTF Peduli Solidaritas untuk penanganan wabah Corona di DKI Jakarta. Bantuan berupa kebutuhan logistik tim medis semisal beras, daging, vitamin, hand sanitizer, dan juga APD tersebut diserahkan pada 3 April 2020 di Hotel Grand Cempaka, Jakarta. 

“Gerakan ini menunjukkan dan memberi pelajaran bahwa sektor yang terdampak, yakni pariwisata, dari wabah Covid-19 masih bisa ikut membantu sesama, khususnya tenaga medis yang merupakan pejuang kemanusiaan di garis terdepan,” kata Salman Dianda Anwar, Ketua JTF. 

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa ini merupakan bantuan lanjutan dari Pemprov DKI Jakarta yang telah memberikan penginapan gratis di hotel bintang untuk para tim medis. Pasalnya, saat menjalankan misi kemanusiaan, tercatat sudah lebih dari 10 dokter meninggal dan sekitar 50 tim medis yang terinfeksi virus Corona. 

“Anggota JTF kemudian berinisiatif menghimpun dana. Dalam 4 hari penghimpunan dana, terkumpul dana sebesar Rp240 juta,” katanya. 

Ia pun berharap, gerakan semacam ini dapat juga diikuti oleh yang lainnya. Pasalnya, untuk menangani pandemi Corona ini bukan semata tugas pemerintah, melainkan juga perlu peran serta aktif seluruh elemen masyarakat. 

Sementara itu, berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI per 4 April 2020 (nasional), tercatat ada 2.092 kasus positif denga jumlah korbarn meninggal sebanyak 191 orang, dan pasien sembuh sebanyak 150 orang. Sedangkan wabah Corona di DKI Jakarta, tercatat 1.071 orang terkonfirmasi positif Corona, dengan korban meninggal sebanyak 99 orang dan 58 pasien telah dinyatakan sembuh.