Kemenparekraf Berikan Vaksinasi Drive Thru Gratis di 10 Wilayah Indonesia

Wednesday, 10 March 21 Bonita Ningsih

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengadakan program vaksinasi drive thru gratis bagi pekerja pariwisata dan para lansia. Program ini tercipta atas kerja sama yang erat dengan Kementerian Kesehatan, Alodokter, Homecare24, dan Medithru.

Untuk tahap awal, pemberian vaksin secara drive thru ini dilakukan di 10 wilayah Indonesia, antara lain Jakarta, Parapat (Sumatera Utara), Magelang, dan Yogyakarta.

Hengky Manurung, Staf Ahli Manajemen Krisis Kemenparekraf, mengatakan, kerja sama ini sangat dibutuhkan untuk mempercepat program vaksinasi nasional, khususnya bagi pekerja pariwisata dan ekonomi kreatif. Tujuannya adalah untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) serta pemulihan ekonomi di seluruh Indonesia.

BACA JUGA:   Wisata Air Menjadi Salah Satu Bentuk Pariwisata Berkelanjutan

“Dalam menghadapi masa pandemi ini kita harus bekerja sama dan saling bergandeng tangan. Mari kolaborasi ini terus kita jalankan untuk menggeliatkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia,” ujar Hengky.

Sebelumnya, Kemenparekraf telah memulai program vaksinasi bagi pekerja pariwisata yang berada di Bali dan Sulawesi Utara. Untuk melanjutkan program tersebut, Kemenparekraf akan melakukan pendataan ke daerah lainnya agar vaksinasi dapat tersebar secara merata. Saat ini, data yang terkumpul sudah mencapai lebih dari 100.000 pekerja parekraf dan sudah diberikan ke Kementerian Kesehatan sebagai penerima prioritas.

BACA JUGA:   Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Semarang Beroperasi Mei 2018

Suci Arum Sari, Direktur Utama dan Co-Founder Alodokter, mengucapkan terima kasih karena telah mendapat kesempatan untuk bermitra dengan pemerintah. Program ini menjadi salah satu bentuk dukungan Alodokter terhadap pemerintah yang ingin melakukan vaksinasi gratis kepada lebih banyak lapisan masyarakat di Indonesia.

“Diharapkan dengan berjalannya vaksinasi ini, ekonomi bisa berjalan dengan lancar dan Indonesia bisa pulih kembali dari COVID-19,” ujar Suci.

Bagi pekerja pariwisata yang hendak mengikuti program ini diwajibkan menunjukkan kartu identitas pekerja wisata ketika melakukan pendaftaran. Sementara, syarat untuk peserta lansia harus berumur di atas 60 tahun dan menyertakan KTP domisili.

BACA JUGA:   Evaluasi Uji Coba Pembukaan Destinasi Wisata Dilakukan Setiap Minggu

Peserta bisa mendaftar melalui http://program.alodokter.com/vaksin-covid19-gratis/ dan nantinya konfirmasi vaksinasi akan dikirimkan melalui email dan Whatsapp.

“Meskipun nantinya para pekerja pariwisata dan ekonomi kreatif dan lansia telah divaksin, penerapan protokol kesehatan 3M yang ketat dan disiplin juga harus tetap dilakukan,” kata Hengky.