Lagi, Garuda Indonesia Buka Dua Rute Baru ke Cina

Monday, 05 February 18   16 Views   0 Comments   Harry Purnama
Garuda Indonesia
Foto: Venuemagz/Erwin

Kolaborasi Kementerian Pariwisata dengan Garuda Indonesia terus membuahkan hasil. Kali ini maskapai plat merah itu resmi menambah penerbangan ke dua daerah di Cina, yaitu Xian dan Zhengzhou. Penerbangan Denpasar-Xian akan dilayani dua kali seminggu, sedangkan penerbangan menuju Zhengzhou akan dilayani tiga kali dalam seminggu.

“Penerbangan Denpasar-Xian dan Zhengzhou PP ini merupakan pengembangan dari strategi Garuda Indonesia untuk terus memperluas pasarnya di Cina. Saat ini market share Garuda Indonesia pada rute Indonesia-Cina berada pada kisaran 35 persen,” ujar Sigit Muhartono, Direktur Kargo Garuda Indonesia.

Sigit menjelaskan, pasar Cina memegang peranan penting dalam pasar internasional Garuda Indonesia. Maklum, jumlah kunjungan wisatawan internasional Cina mencapai 120 juta per tahunnya di seluruh dunia. Dengan angka itu, Garuda sangat optimistis dapat memaksimalkan potensi pasar tersebut, khususnya melalui pembukaan rute Xian dan Zhengzhou ini.

“Cina saat ini merupakan pasar utama pariwisata Indonesia. Pemerintah sendiri telah menargetkan tingkat kunjungan wisatawan Cina ke Indonesia dapat menyentuh angka 10 juta wisatawan pada tahun 2019. Komitmen tersebut tentunya menjadi potensi yang akan terus kami kembangkan,” ujar Sigit.

Penerbangan Denpasar-Xian akan dilayani pada hari Senin dan Jumat. Sementara itu, penerbangan Zhengzhou-Denpasar akan dilayani pada hari Senin, Rabu, dan Jumat. Kedua penerbangan itu akan menggunakan pesawat Airbus A330-300 yang berkapasitas 360 penumpang kelas ekonomi.

Hingga saat ini, Garuda Indonesia telah melayani sejumlah penerbangan langsung ke Cina, di antaranya adalah Jakarta-Guangzhou PP, Jakarta-Beijing PP, Jakarta-Shanghai PP, Denpasar-Beijing PP, Denpasar-Guangzhou PP, Denpasar-Shanghai PP, dan Denpasar-Chengdu PP.

Penerbangan Garuda Indonesia dari Cina menuju Denpasar juga akan menjadi hub untuk rute-rute domestik lainnya, terutama destinasi prioritas pariwisata, di antaranya Yogyakarta, Makassar, Manado, dan Labuan Bajo.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi Garuda Indonesia yang menambah rute dari dan menuju Cina. Menurutnya, penetrasi pasar dari Garuda Indonesia ke kota-kota di Cina akan memudahkan wisatawan Cina berkunjung ke Indonesia, terutama Bali.

“Wisatawan Cina sangat menyukai Bali karena Bali bisa menyediakan destinasi pantai, kuliner, dan belanja yang paling dicari oleh wisman dari Cina. Semoga dengan adanya rute dari Garuda Indonesia, recovery Bali akan menjadi semakin mudah,” ujar Arief Yahya.