Musisi Lintas Generasi Hadir dalam The Papandayan Jazz Fest 2023

Tuesday, 31 October 23 Bonita Ningsih

The Papandayan Jazz Fest (TPJF) kembali sukses digelar tahun ini. Acara musik tahunan ini telah diselenggarakan pada 28-29 Oktober 2023 di The Papandayan Hotel, Bandung, Jawa Barat.

Dalam penyelenggaraan tahun ini, TPJF menghadirkan enam panggung utama seperti Cimanuk Ballroom, Mirten Lounge, TP Stage, Tropical Garden, dan HB Grill Garden. Pada hari terakhirnya, TPJF 2023 ditutup dengan penampilan para musisi dan legenda musik tanah air seperti Ardhito Pramono hingga Kahitna feat Arsy Widianto.

Hari kedua acara dimulai dengan program Music Clinic oleh Barry Likumahuwa dengan materi “Rhythm & Groove”. Kemudian diikuti penampilan dari pemenang ketiga The Papandayan International Online Jazz Competition (TPJC) yaitu One Rhythm Surabaya di panggung Cimanuk.

Panggung outdoor di HB Grill Garden juga hadir penampilan Harra band yang merupakan asli Bandung. Mereka memainkan genre city pop era 1970-an dan 1980-an seperti lagu “Jelajah Rasa” yang memikat para penonton.

BACA JUGA:   Rangkuman Kondisi Pariwisata Dunia Selama Kuartal 3 2020

Lalu, Mirten Lounge menghadirkan panggung para maestro jazz, seperti Gerald Situmorang & Abraham Song, Oele Pattiselano Jazz Era, hingga Dwiki Darmawan Quitet feat Ivan Nestorman. Di panggung ini, juga digelar penganugerahan penghargaan Lifetime Achievement Award untuk Idang Rasjidi. 

Penghargaan ini menjadi penghormatan istimewa dari TP Jazz kepada almarhum yang dikenal sebagai musisi jazz terbaik. Tak hanya itu, almarhum juga memiliki bagian penting dari keluarga besar TP Jazz. Idang Rasjidi memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan TP Jazz dan musik jazz di kota Bandung.

Barry Likumahuwa & The Rhythm Service juga berhasil memeriahkan panggung Suagi Grand Ballroom dengan penampilan terbaiknya. Penampilan mereka juga dimeriahkan oleh permainan musik saksofonis asal Bandung, Kenneth t Djaja. 

BACA JUGA:   MICE Discovery Jilid 7 Bahas Pentingnya Sertifikasi di Bidang MICE

Setelah Barry, penyanyi dan penulis lagu muda, Ardhito Pramono juga memberikan penampilan terbaiknya di panggung yang sama. Vokalnya yang khas dan lagu-lagu penuh emosi berhasil menyentuh hati para penonton.

Panggung selanjutnya dikuasai oleh salah satu ikon musik Indonesia, Kahitna feat Arsy Widianto. Grup yang telah mengukir sejarah di dunia musik Indonesia ini memberikan suasana nostalgia dan kenangan manis bagi para penonton. Dengan aransemen musik khas dan vokal yang memukau, Kahitna berhasil mengajak semua orang untuk bernostalgia sejenak.

Penampilan musik dari Ardhito Pramono hingga Kahitna di TPJF 2023 memberikan bukti kuat bahwa musik jazz tetap relevan dan dicintai oleh berbagai generasi. Para penggemar dari segala usia dapat menikmati penampilan penuh gairah dan makna dari keduanya.

BACA JUGA:   Tujuh Kunci Pemulihan Pariwisata di ASEAN

“Bersama The Papandayan Jazz Fest 2023, kami berhasil memberikan pengalaman musik yang luar biasa bagi pecinta jazz di seluruh Indonesia. Kami bangga dapat mengakhiri acara ini dengan penampilan mengesankan dari Ardhito Pramono dan Kahitna. Semoga TPJF terus menjadi panggung bagi keindahan musik jazz,” ujar Bobby Renaldi, Pendiri TPJF.