Plataran Indonesia Perkuat UMKM Melalui Plataran Weekend Flowers Market

Wednesday, 15 June 22 Bonita Ningsih
Plataran Senayan

Didirikan pada tahun 2009, Plataran Indonesia, hadir sebagai perusahaan yang memiliki visi “Untuk Indonesia dan Orang Indonesia” dan mengusung slogan #HospitalityWithImpact. Semangat ini ini direfleksikan melalui tiga pilar yang menjadi fokus Plataran Indonesia yaitu alam, budaya, dan masyarakat.

Dengan semangat tersebut, Plataran Indonesia, membuat sejumlah program yang berhubungan dengan tiga pilar tersebut. Berkaitan dengan masyarakat, Plataran memiliki sebuah kampanye bertajuk Plataran for the People. Kampanye ini merupakan upaya untuk memperkuat ekosistem yang terjadi antara Plataran Indonesia dengan para UMKM.

“Kita menciptakan sebuah inovasi baru yang dibuat dengan konsep khusus namanya adalah Plataran UMKM Ekosistem. Jadi, setiap unit milik Plataran akan ada ekosistem dari penduduk atau perusahaan kecil yang tergabung dalam Plataran UMKM Ekosistem,” kata Yozua Makes, CEO Plataran Indonesia, dalam jumpa pers di Jakarta beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:   Sungailiat Triathlon 2017, Lebarannya Penggiat Wisata Olahraga

Beberapa langkah yang telah dilakukan adalah supply chain yang melibatkan UMKM di sekitar properti milik Plataran Indonesia. Selain itu, ada edukasi seputar start up untuk warga sekitar Plataran, seperti yang sudah terjadi di Plataran Bromo.

“Jadi, UMKM yang kita bantu itu bukan berupa uang, tetapi sebuah pendampingan dan penyelenggaraan sebuah acara yang berkaitan dengan para UMKM,” dia menambahkan.

Acara terbaru yang dipersembahkan Plataran Indonesia untuk para UMKM adalah Plataran Weekend Flowers Market. Berlokasi di Hutan Kota by Plataran Senayan, acara ini telah terselenggara pada 11-12 Juni 2022 dengan tujuan untuk menyambut kebangkitan UMKM pasca pandemi.

BACA JUGA:   Big Bad Wolf Makin Besar, Gunakan 4 Hall Sekaligus

Plataran Weekend Flowers Market merupakan program akhir pekan dari Plataran yang di dalamnya terdapat pasar bunga. Dalam hal ini, Plataran bekerja sama dengan produsen, seniman, pengrajin, yang merupakan bagian dari UMKM di Jakarta.

Sebanyak 10 pelaku usaha terpilih diberi kesempatan untuk memamerkan produknya kepada khalayak ramai dan pengunjung Plataran Senayan. Selain berbelanja bunga, pengunjung acara pun bisa mengikuti berbagai workshop seperti merangkai bunga, pottery, dan aktivitas lainnya.

“Ini pertama kalinya kami mengadakan ini, di mana produsen lokal hadir untuk menampilkan karyanya. Kami memastikan semua yang ikut acara ini bukan berasal dari industri dekorasi besar, tetapi, dari UMKM lokal. Di sini, kita kasih platform buat mereka memperkenalkan karyanya,” kata Anandita Makes Adoe, Chief Strategy Officer Grup Plataran.

BACA JUGA:   Rayakan HUT RI, Plataran Hadirkan Tema Pulih Alamku, Bangkit Bangsaku 

Yozua menambahkan bahwa Plataran Weekend Flowers Market rencananya akan menjadi agenda reguler Plataran setiap bulannya. Selain membantu para UMKM lokal, acara ini juga sebagai alternatif warga Jakarta yang ingin menghabiskan akhir pekannya di kawasan GBK Jakarta.