Protokol Kesehatan di Obyek Wisata TMII

Monday, 22 June 20 Bayu Hari
patriot 38

Sejumlah obyek wisata di Jakarta mulai dibuka pada 20 Juni 2020, salah satunya Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Protokol kesehatan berwisata di era kenormalan baru pun diterapkan oleh pengelola untuk para pengunjung.

Untuk menyosialisasikan protokol kesehatan berwisata, pengelola TMII mengundang Patriot 38, komunitas tour leader terbesar di Indonesia, bertandang pada hari perdana TMII dibuka kembali. “Kegiatan ini dalam rangka menyosialisasikan protokol kesehatan di TMII kepada tour leader. Kegiatan ini diikuti sekitar 13 tour leader,” kata Maria Gusliantine, salah satu anggota Patriot 38.

BACA JUGA:   CHSE: Upaya Menyelamatkan Pariwisata Nusantara

Menurutnya, protokol kesehatan yang diterapkan oleh pengelola telah sesuai dengan ketentuan pemerintah. Sebelum memasuki kawasan, pengelola melakukan pengecekan suhu tubuh para pengunjung di pintu masuk kawasan. Pengunjung juga diwajibkan untuk mengenakan masker.

Selanjutnya, pengunjung juga diwajibkan untuk mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki setiap wahana. Selain itu, pengelola juga melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala.

BACA JUGA:   Desa Wisata Dapat Bantuan Rp120 Juta

Aturan jaga jarak, minimum satu meter, juga diterapkan selama berada di kawasan TMII. Untuk itu, pengelola pun membatasi jumlah kunjungan setiap harinya, kurang lebih 20.000 wisatawan. Durasi kunjungan wisatawan pun dibatasi, TMII dibuka mulai pukul 08.00 hingga 16.00.

Sementara itu, Santoso Jantuna, Ketua Patriot 38 mengatakan bahwa sosialisasi protokol kesehatan di sejumlah obyek wisata dan museum di Jakarta akan dilakukan secara berkelanjutan. “Ini merupakan upaya edukasi, sekaligus pemanasan untuk tour leader dalam mengahadapi era kenormalan baru,” katanya.